Gejala dan Pertolongan Pertama Jika Kadar Gula Merosot

oleh -

Palapanews.com- Hipoglikema atau yang lebih akrab disebut dengan gula darah rendah, adalah kondisi ketika kadar gula darah di dalam tubuh berada di bawah rentang normal. Hipoglikemia biasanya dialami oleh diabetesi yang menggunakan suntikan insulin, minum obat diabetes jenis sulfonylurea, atau tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Lantas, adakah cara mengatasi gula darah rendah ini?

Normalnya, seperti dikutip dari Hellosehat, kadar gula darah normal sewaktu (GDS) berada di bawah 200 mg/dL. Namun, jika Anda mengalami hipoglikemia, maka kadar gula darah akan merosot hingga di bawah angka 70 mg/dL.

Kondisi ini akan membuat pengidapnya mengalami beberapa hal, seperti:

  • Sakit kepala
  • Detak jantung cepat
  • Kulit pucat
  • Kelelahan
  • Gelisah dan cemas
  • Berkeringat deras
  • Gemetar hebat
  • Sulit tidur
  • Penglihatan kabur
  • Sulit berkonsentrasi

Dalam kondisi yang lebih parah, hipoglikemia dapat menyebabkan penderitanya mengalami kejang hingga kehilangan kesadaran.

Bagaimana cara mengatasi gula darah rendah?

Jika satu atau beberapa tanda hipoglikemia tersebut Anda rasakan, segera lakukan pertolongan peratam untuk mengatasinya. Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan sebagai cara mengatasi gula darah rendah, yakni dengan mengecek kadar gula darah menggunakan serangkaian alat untuk cek gula darah di rumah.

Hal tersebut bertujuan untuk benar-benar memastikan kondisi tubuh Anda, sekaligus mengetahui berada kadar gula darah Anda saat ini. Selanjutnya, segera konsumsi makanan dan minuman yang mengandung glukosa atau setidaknya 15 gram karbohidrat.

Misalnya jus buah, buah segar, teh manis, granola bar, kue ringan, dan lain sebagainya. Namun, pastikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi masih terbilang aman, sehat, dan tidak berlebihan, agar peningkatan kadar gula darah tidak melebihi jumlah normal.

Pilihan cara mengatasi gula darah rendah lainnya bisa dibantu dengan minum tablet glukosa sesuai aturan yang tertera. Satu tablet glukosa biasanya mengandung sekitar 15-20 gram karbohidrat. Kemudian, tunggu sampai sekitar 15 menit setelah makan dan minum lalu lanjutkan dengan memeriksa kembali kadar gula darah tubuh Anda.

Jika kadar gula darah telah menunjukkan angka di atas 70 g/dL, Anda boleh hentikan konsumsi makanan dan minuman tersebut. Namun, bila kadar gula darah masih terbilang rendah, coba ulangi makan makanan kaya karbohidrat dan glukosa sampai gula darah telah naik dan cukup stabil.

Jika kadar gula di bawah 70 g/dL dan Anda mengalami penurunan kesadaran, sebaiknya Anda dibawa segera menuju fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan segera berupa glukosa melalui intravena.

Pastikan Anda rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda dengan dokter, sehingga mendapatkan penanganan yang lebih spesifik terkait cara mengatasi gula darah rendah atau hipoglikemia. (hs)

Komentar Anda

comments