5 Tips Ampuh Mencegah Bau Ketiak

Palapanews.com- Mencium bau apa pun yang tidak mengenakan pasti membuat Anda sulit bernapas lega. Salah satunya bau ketiak. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk Anda dan pastinya membuat Anda jadi minder. Lantas, adakah cara untuk mengatasi bau ketiak? Yuk, coba beberapa tipsnya berikut ini supaya Anda terbebas dari bau ketiak.

Kenapa ketiak mengeluarkan bau tidak sedap?

Tubuh Anda dilapisi oleh kulit yang memiliki kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Kelenjar ekrin hampir menutupi sebagian besar kulit tubuh Anda. Sementara kelenjar apokrin biasanya terdapat pada area kulit yang ditumbuhi rambut, seperti selangkangan, ketiak, dan sekitar payudara.

Saat suhu tubuh meningkat, seperti dikutip dari Hellosehat, kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat. Nah, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin ini mengandung lemak dan sangat mudah diurai oleh bakteri dibanding keringat kelenjar ekrin yang berbasis air. Itulah sebabnya di daerah ketiak, selangkang, atau sekitar payudara Anda bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Tips mengatasi bau ketiak yang mengganggu

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau tidak sedap dari ketiak, misalnya:

1. Hindari obat tertentu
Walaupun bau itu normal, ada beberapa orang yang berkeringat lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini dikenal dengan hiperhidrosis. Untuk mengendalikan produksi keringat yang berlebihan, Anda perlu konsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan obat sesuai kondisi Anda sehingga bau ketiak dapat berkurang.

Penyebab keringat berlebihan yang menyebabkan ketiak menjadi bau adalah penggunaan obat tertentu, misalnya beberapa obat hipertensi atau antidepresan. Jik bau ketiak sangat mengganggu Anda, minta dokter untuk meresepkan obat lain yang efek sampingnya tidak meningkatkan produksi keringat.

2. Pakai deodoran atau antiperspiran
Memakai deodoran adalah cara paling sederhana untuk mengatasi bau ketiak. Pasalnya, deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tidak sedap pada ketiak.

Deodoran juga menyebabkan kulit ketiak jadi lebih asam yang bisa mencegah adanya reaksi antara keringat dengan bakteri.

Selain deodoran, Anda juga bisa menggunakan antiperspiran. Produk ini mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex yang bisa memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat.

Jumlah keringat pada ketiak akan lebih sedikit dan bau ketiak juga jadi berkurang.

3. Kebersihan tubuh
Kurang menjaga kebersihan tubuh menyebabkan bakteri menempel dan sel kulit mati menumpuk. Akibatnya, kulit jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama pada ketiak Anda. Untuk mencegahnya, kebersihan tubuh perlu ditingkatkan.

Jadi, terapkan mandi dua kali sehari. Gunakan sabun dan gosok kulit hingga bersih untuk menghilangkan bakteri di sekitar ketiak dan bagian tubuh lainnya. Kemudian, keringkan tubuh untuk mencegah kulit lembap dan bakteri berkembang biak dengan cepat.

4. Pilih pakaian yang tepat
Mencegah dan mengurangi bau ketiak bukan hanya fokus pada kebersihan tubuh saja. Kebersihan pakaian dan pilihan bahan pakaian juga harus diperhatikan. Mencuci baju hingga bersih, menambahkan pewangi, serta menjemurnya di bawah sinar matahari bisa mematikan bakteri. Tempat menyimpan baju juga harus bersih dan kering.

Jika Anda orang yang mudah berkeringat, maka bahan pakaian yang Anda pilih harus terbuat dari serat alami seperti katun. Bahan katun memungkinkan kulit bernapas dan dapat menyerap keringat lebih baik dibanding wol atau polister. Hindari menggunakan pakaian yang masih basah karena bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak.

5. Perhatikan menu makanan Anda
Mengurangi munculnya bau ketiak, bisa dilakukan dengan memerhatikan kembali makanan Anda. Pasalnya, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau ketiak, seperti bawang-bawangan, makanan pedas dan panas, serta minuman beralkohol. Menghindari makanan tersebut bisa membantu bau ketiak jadi berkurang. (hs)

Komentar Anda

comments