Irjen ATR/BPN Larang BPN Kelola Biaya Pra PTSL

oleh -
Irjen Kementerian ATR/BPN Sunraizal menggunakan batik berwarna ungu di Kantor BPN Tangsel. Foto Nad

Palapanews.com- Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sunraizal melarang BPN di daerah mengelola biaya Pra Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Jangan sampai kita mengelola biaya Pra PTSL,” kata Sunraizal pada pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) eksternal di Kantor BPN Tangsel, Jumat (1/2/2019).

Ia menyarankan agar pengelolaan biaya Pra PTSL langsung dilakukan masyarakat atau pemohon PTSL. Pembiayaan PTSL, menurutnya dibebankan kepada APBN, kecuali untuk biaya persiapan atau pra PTSL dibebankan pada masyarakat pemohon PTSL.

“Seperti untuk menyiapkan kelengkapan dokumen (AJB), patok dan materai dibebankan kepada pemohon PTSL dengan merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga kementrian. Ada juga tanggung jawab pemerintah untuk pembiayaannya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan kesepakatan yang tertuang antara tiga kementerian itu, diantaranya Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal tentang pembiayan pendaftaran tanah sistematis.

Oleh sebab itu, perlu suatu keberanian dan komitmen untuk mencanangkan Zona Integritas. Dirinya berharap setelah pencanangan tentunya membangun, merubah mindset dan lainnya.

“Jangan sampai hanya spanduk dan simbol Zona Integritas WBK/WBBM saja, tapi tidak dibangun dengan SOP. Jika itu dilaksanakan, maka Tangsel akan mendapat nilai nasional,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments