Ini, Solusi Cara Menanggulangi Banjir

oleh -203 views
Sistem Aquacell, produk inovatif dari Rucika. foto rucika

Palapanews.com – Indonesia, negara beriklim tropis dimana memiliki musim kemarau dan hujan. Banjir kerap terjadi setiap tahunnya ketika hujan deras melanda, dimana air sungai menguap karena tidak mampu menampung air lagi.

Air pun mengalir ke jalan sampai ke permukiman penduduk. Maka dari itu, sebagai masyarakat yang pintar mari kita coba untuk menanggulanginya. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi banjir:

1. Pastikan selokan atau sungai dilingkungan rumah bersih, jika masih banyak sampah buatlah perkumpulan untuk gotong royong membersihkan selokan karena hal tersebut adalah untuk kenyamanan bersama.

2. Banyaknya penggundulan hutan juga salah satu sebabnya, mereboisasi tanaman dapat membantu mencegah banjir karena dapat membantu penyerapan air dengan cepat.

3. Hindari membangun rumah disekitar sungai, karena hal tersebut dapat membuat lahan sungai menjadi sempit dan membuat sampah sampah jatuh ke sungai.

4. Berhenti membuang sampah sembarangan, seperti ke sungai / kali, karena bisa menjadi penyebab sungai meluap.

5. Membuat tanggul di sungai untuk meminimalisir luapan air.

6. Membuat sumur buatan untuk dapat menyedot air dengan cepat apalagi untuk di didaerah rawan banjir seperti daerah perkotaan, hal ini dapat menjadi solusinya.

Sumur buatan yang berfungsi sebagai resapan air, saat ini sudah dapat dilakukan dengan mudah terutama untuk memasangnya. Pada daerah yang sering terkena banjir atau kekurangan air ketika musim kemarau, sistem aquacell dapat diaplikasikan di halaman rumah atau tempat umum lainnya seperti halaman gedung perkantoran, parkiran atau jalan raya sekali pun.

Sistem Aquacell merupakan salah satu produk inovatif dari Rucika, merupakan sistem resapan air dengan cara pemasangan yang sangat mudah. Aquacell berfungsi sebagai sumur resapan karena dibungkus dengan permeable geotextile di bawah tanah, sehingga dapat menyimpan air sementara untuk dapat dikelola kembali.

Dengan begitu, sesuai dengan komitmen Rucika sebagai solusi total sistem perpipaan, Aquacel merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan air hujan dengan menerapkan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle. (rck/bd)

Komentar Anda

comments