Arief: PNS tak Disiplin, Silahkan Pensiun DiniĀ 

Palapanews.com- Rendahnya kedisiplinan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, membuat geram Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Arief menawarkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak bisa diatur atau bermalas-malasan untuk pensiun dini.

“Kalau memang kinerjanya buruk tawarkan saja mereka mau pensiun dini, atau mereka yang tenaga harian lepas (THL) mau berhenti?” ujar Arief usai apel pagi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin, 7 Januari 2019.

Puncak kekesalan Arief terjadi saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) kedisiplinan dan kesiapan pegawaiĀ  dibeberapa organisasi perangkat daerah (OPD) akhir Desember 2018.

Hasil dari sidak tersebut, dua OPD yakni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kecamatan Benda mendapatkan rapor merah.

“Jangan sampai kesejahterannya telah diberikan, tapi tidak diikuti dengan tanggung jawab,” katanya.

Arief menjelaskan, rendahnya kesiapan di BPBD Kota Tangerang ditemukan saat bencana tsunami di Selat Sunda. Saat itu, tidak ada kesiapan yang dilakukan. Bahkan, lanjutnya, kepala bidang yang menangani justru tidak dapat dihubungi.

Kekesalan Arif pun makin memuncak beberapa hari menjelang akhir tahun 2018 ketika dirinya mendatangi Kecamatan Benda. Dilokasi tersebut, Arief menemukan kondisi halaman kantor kecamatan kotor dipenuhi sampah.

Menurutnya, petugas pemeriharaan yang harusnya bertugas malah tidak ada dilokasi beralasan sedang berbelanja ikan untuk persiapan perayaan malam pergantian tahun.

“Padahal saya sudah membuat imbauan agar malam pergantian tahun untuk memperbanyak ibadah. Itu bentuk keperihatinan kita terhadap korban bencana tsunami,” jelas Arief.

Menindak lanjuti masalah tersebut, Arief meminta badan kepegawaian untuk mengevaluasi kinerja PNS dan THL yang ada dilingkungan Pemkot Tangerang. Sebab, Arief menambahkan, Pemkot Tangerang telah menaikkan kesejahteraan PNS dan THL pada 2018.

“Makanya sekarang konsentrasinya teman-teman bukan hanya kesejahteraan, karena udah pasti naik, kinerjanya juga harus lebih naik. Kesejahteraan ini kan diberikan oleh mayarakat Kota Tangerang. Jadi berikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang,” katanya.(rik)

Komentar Anda

comments