5 Gejala Intoleransi Gluten yang Harus Kamu Tahu

Palapanews.com- Tidak semua orang bisa makan makanan yang mengandung gluten, misalnya orang yang memiliki penyakit Celiac. Namun, ketika Anda tidak memiliki penyakit Celiac tetapi merasa tidak nyaman saat mengonsumsi gluten, bisa jadi Anda mengalami gejala intoleransi gluten.

Berbagai gejala intoleransi gluten

1. Perut kembung

Saat Anda mengalami intoleransi gluten, perut akan terasa kembung dan penuh dengan gas. Meski Anda hanya makan gluten dalam jumlah sedikit, biasanya Anda akan tetap merasakan kembung. Jika Anda mengalami perut kembung secara tiba-tiba, coba ingat-ingat kembali makanan apa yang baru saja Anda makan. Jika ternyata Anda makan makanan yang mengandung gluten seperti roti atau pasta, bisa jadi tubuh Anda memang sensitif terhadap gluten.

2. Diare atau sembelit

Dikutip Hellosehat.com dari Healthline, lebih dari 50 persen orang yang mengalami intoleransi gluten mengalami diare, sementara 25 persen lainnya mengalami sembelit. Pada sebagian orang, gluten bisa merusak lapisan usus. Akibatnya, penyerapan nutrisi yang Anda makan menjadi tidak maksimal. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda mengalami diare atau sembelit. Tak hanya itu, feses juga biasanya akan berwarna pucat dan berbau busuk tak seperti biasanya.

3. Sakit perut

Selain kembung, orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten juga biasanya mengalami sakit perut. Rasa sakit ini biasanya muncul setiap kali Anda makan makanan yang mengandung gluten. Untuk itu, selalu perhatikan kira-kira makanan apa saja yang membuat Anda merasa sakit perut setelah memakannya. Dengan begitu, Anda bisa tahu apa penyebab pastinya.

4. Sakit kepala

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Headache Society menunjukkan fakta bahwa orang yang mengalami intoleransi gluten lebih rentan terkena migrain dibandingkan dengan yang tidak. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika sering mengalami migrain tanpa penyebab yang jelas. Bisa jadi, tubuh Anda sensitif terhadap gluten dan produk turunannya.

5. Mual

Jika Anda selalu merasa mual setelah makan makanan yang mengandung gluten, maka Anda perlu berjaga-jaga. Bisa jadi rasa mual yang kerap muncul ini menjadi sinyal bahwa tubuh tidak mampu mencerna gluten dengan baik. Jika Anda terus merasakan mual dan gejala lainnya pascamakan gluten, ke depannya carilah alternatif makanan lain yang tidak terbuat dari gluten. (red)

Komentar Anda

comments