6 Langkah untuk Mengatasi Asma Sehari-hari

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat.com

Palapanews.com- Hidup dengan asma sebagai penyakit kronis mungkin sulit dilakukan. Tidak seperti sakit kepala, flu atau patah tulang, penyakit kronis tidak akan hilang selamanya. Penyakit kronis seperti asma dapat menyebabkan rasa sakit, lelah, stress dan gangguan pada kehidupan sehari-hari. Penyakit kronis juga dapat mengubah citra diri yang positif menjadi negatif dan membuat penderitanya menjauh dari keluarga, teman-teman serta aktivitas.

Penyakit kronis juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam bersekolah atau bekerja. Pada kasus yang ekstrem, batasan fisik (seperti sesak napas yang sering menyertai asma) dapat mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan pekerjaan, sekolah dan kegiatan hiburan. Perubahan kondisi pekerjaan serta pengeluaran, seperti asuransi dan pengeluaran medis, dapat menyebabkan kesulitan finansial.

Namun, dengan tantangan tersebut, banyak orang yang dapat mengatasi gejala asma, mencegah komplikasi dan menikmati rutinitas dan aktivitas sehari-hari. Tips yang dilansir dari Hellosehat.com, berikut akan membantu Anda mengatasi asma.

Langkah-langkah untuk menghadapi asma

  • Penderita asma sebaiknya tidak menyangkal kondisi mereka. Mengabaikan kondisi penyakit Anda malah dapat membuat penyakit Anda tidak terkendali, serangan asma makin sering terjadi, dan peluang terjadinya komplikasi makin besar. Tips berikut dapat dilakukan untuk membantu Anda bertahan dengan asma.
  • Konsultasikan dengan dokter untuk mengendalikan kondisi Anda, dari pengobatan hingga perubahan gaya hidup dan lingkungan. Ikuti rencana penanganan asma yang diberikan dokter.
  • Gunakan pengobatan dengan tepat, termasuk menggunakan obat sesuai jadwal dan menggunakan inhaler dengan benar. Tanyakan instruksi atau demonstrasi sebelum membelinya.
  • Ketahui gejala serangan asma, seperti batuk, napas mengi, sesak pada dada dan kesulitan bernapas, serta gunakan obat yang bekerja dengan cepat yang diberikan dokter.
  • Gunakan peak flow meter untuk mengawasi kondisi.
  • Kontrol alergen di rumah. Pemicu tertentu (seperti asap rokok dan bulu hewan) dapat memperburuk asma. Ikuti saran dokter untuk rumah yang aman untuk penderita asma.

Baca Juga: Kenali Asma yang Dipicu Alergi

  • Olahraga rutin. Jika serangan asma membatasi aktivitas fisik, minta saran dokter untuk menggabungkan olahraga dengan kegiatan sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan masalah paru-paru mendapat keuntungan fisik dan emosional dari aktivitas fisik. (red)

Komentar Anda

comments