Patut Dicoba, Ini 8 Obat Masuk Angin Alami

Palapanews.com- Hampir semua orang pasti pernah mengalami masuk angin. Meski begitu, dalam dunia kedokteran tidak mengenal istilah masuk angin. Namun, obat masuk angin dijual dan dipasarkan secara luas di Indonesia.

Istilah tersebut dibuat agar masyarakat awam mudah memahami penyakit demam, perut kembung dan badan meriang yang umumnya dirasakan secara bersamaan. Tipe masuk angin yang perlu diwaspadai, seperti dikutip dari doktersehat.com, adalah jika masuk angin disertai nyeri dan sesak di dada, karena ini bisa menjadi tanda angin duduk.

Lalu bagaimana cara mengatasi masuk angin? Simak selengkapnya di bawah ini.

Teh jahe

Jahe mengandung senyawa gingerols yang dapat mengatasi rasa sakit, peradangan, kuman dan virus. Jahe menekan senyawa peradangan, menurut sebuah studi 2005 di Universitas Johns Hopkins di Baltimore.

Ketika mengalami pilek atau flu, Anda membutuhkan cairan, dan teh jahe adalah cara yang terbaik sebagai cara mengobati masuk angin. Sebaiknya minum teh jahe atau air jahe tanpa ditambahkan gula.

Makanan pedas

Seperti yang kita tahu, makanan pedas membuat hidung Anda mengeluarkan cairan atau meler. Makanan pedas juga dapat menghilangkan masuk angin karena sifatnya yang menghangatkan badan. Bawang putih, cabai dan jahe adalah semua anti-peradangan yang ampuh, menjinakkan iritasi di hidung, tenggorokan, saluran pernapasan bagian atas, dan masuk angin.

Minyak kayu putih

Minyak yang satu ini sudah sejak dahulu digunakan untuk menghangatkan tubuh termasuk sebagai cara menyembuhkan masuk angin.

Minyak kayu putih berasal dari pohon eukaliptus yang mengandung beberapa senyawa, salah satunya adalah cineole, yang memerangi virus, bakteri dan jamur.

Minyak kayu putih juga dapat mengurangi infeksi virus penyebab pilek dan flu, menurut studi tahun 2009 oleh University of Heidelberg di Jerman.

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih ke menu makanan mungkin mengurangi keparahan gejala masuk angin dan pilek. Selain obat masuk angin, bawang putih juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit atau peradangan.

Probiotik

Probiotik adalah bakteri dan ragi yang “ramah” ditemukan di tubuh Anda. Probiotik juga ditemukan di beberapa makanan dan suplemen. Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh Anda, dan penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi kemungkinan Anda sakit dengan infeksi saluran pernapasan atas.

Mengnsumsi probiotik yang lezat dan bergizi adalah yoghurt. Selain bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, yogurt adalah minuman sehat yang mengandung banyak protein dan kalsium. Carilah produk yoghurt yang mencantumkan bakteri hidup pada labelnya.

Mandi air hangat

Salah satu cara mengobati masuk angin ini sangat mudah, Anda hanya melakukan mandi air hangat. Cara ini sekaligus dapat mengurangi gejala flu dan pilek pada orang dewasa. Menambahkan garam dan baking soda Epsom ke dalam air hangat dapat mengurangi sakit pada tubuh.

Teh hijau

Obat masuk angin alami ini mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Kandungan tersebut bermanfaat sebagai cara menghilangkan masuk angin. Minum teh hijau juga dapat merelaksasi tubuh Anda. Sebaiknya meminum teh hijau yang rendah kafein dan polifenol.

Istirahat

Cara menyembuhkan masuk angin selanjutnya hanya dengan beristirahat. Cara ini tentu sangat diperlukan agar tubuh Anda pulih dari masuk angin.

Saat sakit, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk melawan kuman dan virus. Istirahat dengan tidur benar-benar dapat mengurangi masuk angin. (ds/red)

Komentar Anda

comments