Musim Hujan Tiba, BPBD Siap Tanggap Bencana

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menggelar Apel Siaga Bencana yang berlokasi di Lapangan Lembaga Pemasyarakatan Anak, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Apel Siaga Bencana tersebut diikuti oleh personel BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, Dinas PUPR, PMI, personel dari Polres Metro Tangerang Kota, dan personel TNI dari Kodim 0506 Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, jika saat ini telah memasuki musim penghujan, sehingga dibutuhkan kerjasama yang intens antar semua instansi untuk mencegah dan meminimalisir terjadi bencana di Kota Tangerang, khususnya banjir. “Apel Siaga Bencana ini merupakan salah satu cara untuk mengecek kesiapsiagaan dari personel maupun peralatan yang dibutuhkan, mulai dari perahu karet hingga alat pemadam kebakaran,” kata Walikota Tangerang.

Dikatakan Walikota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya untuk meminimalisir genangan maupun banjir yang terjadi di Kota Tangerang seperti pembangunan turap, rumah pompa hingga pembuatan sumur resapan/biopori di tengah masyarakat. “Adanya pembangunan seperti ini tentunya sangat membantu untuk mengurangi terjadinya genangan maupun banjir saat hujan turun,” imbuh Walikota Tangerang seraya menambahkan, peranserta masyarakat sangat dibutuhkan untuk penanganan dan penggulangan bencana.

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan kerjasama dengan Cooperation Agency (JICA) terkait Sistem Pemanenan Air Hujan menjadi Air Baku atau Rainwater Harvesting System. Menurut Walikota, Rainwater Harvesting System memiliki fungsi untuk penampungan air dikala hujan, dan air tersebut nantinya akan melalui beberapa proses hingga dapat digunakan kembali sebagai air baku atau air minum serta kebutuhan lain sehari-hari.

“Jika curah hujan cukup tinggi, maka air hujan dapat dimanfaatkan kembali secara optimal yang dapat meminimalisir banjir dan genangan,” paparnya.

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Irman Pujahendra mengungkapkan, Apel Siaga Bencana ini dilakukan secara rutin tiap tahun. Dan, untuk saat ini diikuti oleh 700 personel gabungan. Dan, BPBD Kota Tangerang pun sudah memiliki Satuan Reaksi Cepat (SRC) yang anggotanya berasal dari unsur pemerintah, steakholder, dan masyarakat.

“Tim Reaksi Cepat ini tentunya memiliki kemampuan yang luar biasanya, dan mereka juga memiliki keakraban dengan masyarakat. Dan, siap menjalankan tugas 24 jam ketika ada bencana banjir,” pungkas Irman Pujahendra.

Sementara itu, terkait peralatan, Irman mengatakan, peralatan siap digunakan jika terjadi bencana, khususnya untuk membantu para korban bencana, seperti perahu, tenda, gergaji mesin.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.