Kota Depok Punya Program Kampung Iklim

Palapanews.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok terus melakukan sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) di seluruh wilayah. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan lingkungan yang hijau di Kota Depok.

“Jadi penerapan Proklim di sejumlah wilayah harus mulai dilakukan dalam meminimalisir dampak pemanasan global. Hal itu dikarenakan saat ini perubahan iklim sudah semakin terasa, kalau bukan dari kita yang menjaganya, siapa lagi,” kata Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Eti Yuniarti, Selasa (27/11).

Penerapan Proklim, menurutnya, dilakukan dengan cara melakukan penanaman pohon hijau di setiap RW. Dalam penerapannya, semua masyarakat harus memiliki tanaman hijau pada pekarangan rumah mereka.

Selain itu, dilakukan juga pembuatan lubang resapan biopori minimal satu di setiap RW. Biopori tersebut dapat menampung air hujan yang nantinya dapat dimanfaatan saat musim kemarau terjadi.

“Tanaman hijau harus selalu dipelihara karena dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Ada juga biopori sebagai sumur resapan yang berguna saat musim kemarau,” jelas Eti. (kom/red)

Komentar Anda

comments