PNS Belajar Tangkal Berita Hoax

oleh -
Forum Kehumasan yang ada di OPD belajar tentang berita hoax. Foto: Ist

Palapanews.com- Sebanyak 100 humas perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti Forum Kehumasan dengan tema “Waspada Hoax, Hindari Berita Tanpa Fakta” di Aula Balai Kota Tangsel, Ciputat, Senin (12/11/2018).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi dan Kehumasan pada Diskominfo Tangsel, Irfan Santoso mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kehumasan kepada para perwakilan humas di setiap OPD Tangsel.

“Kita menyampaikan kepada para peserta bagaimana cara penanggulangan hoax, dimana setiap berita sebelum disebarkan harus dicek terlebih dahulu, apakah hoax atau berita asli,” kata Irfan.

Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo memiliki satu wadah untuk memberikan informasi mengenai berita hoax atau benar, yakni melalui Trust Positif. Dimana ada tim khusus yang dibentuk untuk bisa ditanyakan terkait berita yang sering bermunculan di tengah masyarakat.

“Disetiap OPD telah dibentuk humas, dimana keberadaan humas ini bertujuan untuk membantu kita di bidang humas untuk menangani dan memecahkan masalah terkait publikasi dan menanggulangi penyebaran berita hoax,” ungkap Irfan.

Sementara, Wakil Ketua Komite Edukasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Heni Mulyati mengatakan saat ini ada aplikasi android bernama “Hoax Buster Tools” yang bisa didownload masyarakat untuk mengecek berita hoax.

“Didalam aplikasi tersebut terdapat rujukan media kredibel, sehingga yang bersifat hoax akan cepat diketahui. Siapa pun bisa menggunakan aplikasi tersebut,” katanya. (hms/red)

Komentar Anda

comments