Pemkot Tangerang Percepat Pembangunan Sistem Pengendali Banjir

oleh

Palapanews.com- Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mempercepat peningkatan pembangunan pusat sistem pengendali banjir yang tersebar dibeberapa titik di Kota Tangerang.

Pembangunan pusat sistem pengendali banjir ini meliputi normalisasi sungai, daerah penampung air, pembuatan drainase hingga rumah pompa. Pengerjaan proyek tersebut menjadi fokus perhatian Pemkot Tangerang seiring mulai masuknya musim penghujan.

Salah satu pekerjaan yang dikebut adalah rumah pompa di bantaran Sungai Cisadane tepatnya di Jalan Teuku Umar,Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018.

Hal ini disampaikan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Jumat 9 November 2018.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, finalisasi pusat pengendali banjir terus dilakukan terutama penurapan bantaran aliran air. Selain rumah pompa, juga dipersiapkan sumur injeksi atau embung yang akan berfungsi menampung air limpasan dari drainase. “Proyek penuraban sepanjang bantaran sungai cisadane juga dilakukan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata Walikota.

Selain, penurapan, Pemkot Tangerang juga mempercepat pembangunan rumah pompa. Dimana, rumah pompa akan berfungsi mempercepat aliran air yang kerap menggenangi Jalan MH Thamrin dan beberapa perumahan warga menuju Sungai Cisadane.

“Rumah pompa ini untuk mempercepat buangan air ke Sungai Cisadane, sehingga tidak menggenang di Jalan MH Thamrin dan rumah warga,” kata Walikota Tangerang.

Dikatakan Walikota, dalam kurun waktu empat tahun terakhir, Pemerintah Kota Tangerang mendata titik banjir mulai berkurang dari 33 titik banjir kini menjadi 9 titik banjir. Namun yang menjadi fokus kedepan adalah genangan air di beberapa titik jalan raya,sehingga diperlukan juga peran serta masyarakat dengan membuat sumur resapan kecil ataupun biopori.

Sementara itu, untuk normalisasi embung atau daerah penampung air di kawasan Bugel Indah telah selesai dikerjakan. Proyek pengerukan, pelebaran bantaran, pengadaan mesin pompa dan pembuatan tanggul telah selesai, sehingga mampu meminimalisir dampak banjir yang kerap menggenangi Perumahan Bugel Indah dan sekitarnya.(Adv)

Komentar Anda

comments