Crossing Saluran, Tahap Terakhir Pembangunan Tandon Nusa Loka

oleh -
Lokasi proyek Tandon Nusa Loka di Jalan Ciater. Foto: Dok

Palapanews.com- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal membangun crossing saluran di ruas Jalan Ciater. Proyek ini dilakukan mulai hari ini, Jumat (9/11/2018) hingga paling lambat tiga minggu ke depan.

Crossing saluran ini merupakan tahap akhir pelaksanaan pembangunan Tandon Nusa Loka atau yang kini bernama Maruga Park.

“Persiapannya dimulai dari malam ini. Salah satunya dengan mengganti ukuran Box Culvert atau gorong-gorong cor yang tadinya kurang dari 1 meter menjadi 2×2 meter,” ujar Plt Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan di Serpong, Jumat (9/11/2018).

Dengan penataan saluran dan jalan ini, kata Aries, diharapkan dapat meminimalisir genangan akibat datangnya hujan.

Aries menambahkan, pembangunan tandon ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dimana, dalam satu tahun minimal ada satu pembangunan tandon di Kota Tangsel.

“Kita telah melebihi target RPJMD untuk pembangunan tandon. Bahkan tandon yang ada di Tangsel dapat bertahan lebih dari 20 tahun,” bebernya.

Sementara Kasi Air Baku dan Operasi Pemeliharaan SDA DPU Tangsel, Firdaus menambahkan ukuran crossing saluran yang lama tidak memiliki sedimentasi yang tinggi, sehingga tidak dapat menampung volume air yang tinggi.

“Oleh sebab itu, perlu dilakukan pelebaran crosingan menjadi 2×2 meter dan sepanjang 24 meter selebar Jalan ciater. Seperti dari arah Ciater ke Nusa Loka, Rawa Mekar Jaya ke Nusa Loka,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments