BPBD Kota Tangerang Siap Hadapi Musim Hujan

oleh
BPBD Kota Tangerang siap hadapi musim hujan. Foto: Ydh

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap menghadapi musim penghujan. Selasa (6/11/2018), dilakukan Apel Gelar Pasukan Siaga Pengamanan Penanggulangan Bencana Banjir yang berlokasi di Polres Metro Tangerang Kota.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra mengatakan kegiatan Apel ini bertujuan untuk menyatukan seluruh instansi yang berkaitan dengan bencana banjir. Dimana, salah satu caranya adalah dengan membuka komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan untuk mengantisipasi banjir di Kota Tangerang.

“Untuk titik banjir di Kota Tangerang sudah berkurang dari 33 titik di tahun 2013, sekarang menjadi 9 titik,” kata Irman Pujahendra seraya mengatakan hubungan antara semua steakholder harus tetap berjalan.

Ia menambahkan, nantinya akan dibuatkan Posko Terpadu untuk menanggulangi bencana banjir yang tersebar di 9 titik. Posko Terpadu akan diawali di Polres Metro Tangerang, dan akan dibuatkan kembali di titik banjir.

Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra. Foto: Ydh

“Saat ini titik lokasi wilayah yang memiliki ancaman banjir terbanyak berada di Kecamatan Periuk. Untuk di Kecamatan Periuk berlokasi di Total Persada,” paparnya.

Tak hanya koordinasi dengan seluruh stakeholder, BPBD juga menyiapkan segala alat penunjang untuk evakuasi, jika banjir datang. Perlengkapan itu, antara lain perahu karet, mesin pompa dan juga perlengkapan tenda darurat dalam kondisi baik dan siap digunakan.

“Demi menghindari adanya kesalahan teknis, sejak dini segala perlengkapan kita persiapkan, termasuk kesiapan personel. Karena BPBD akan menjadi tim pertama yang terjun ke lokasi ketika banjir datang,” kata Irman.

Pemkot Tangerang, juga telah melakukan antisipasi banjir jangka panjang. Antara lain, membangun 14 pintu air sejak tahun 2014. Selain itu, membangun embilan embung atau danau buatan untuk menampung air di berbagai kecamatan.

Pusat pengendali banjir juga terus dibangun setiap tahunnya. Jika ditotal dengan pembangunan hingga tahun 2018, tercatat Kota Tangerang memiliki 75 pusat pengendali banjir. (adv)

Komentar Anda

comments