Ketika Penyandang Disabilitas Rayakan Sumpah Pemuda

oleh -
Seru, penyandang disabilitas meramaikan Festival Edu Games Foto: Kie

Palapanews.com- Beragam cara dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh 28 Oktober 2018. Seperti yang dilakukan Karang Taruna Cornelia Residence, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Komunitas pemuda ini menyelenggarakan Festival Edu Games Kebangsaan, yakni permainan edukasi yang bertujuan menanamkan nilai kebangsaan.

Lebih kreatifnya lagi, kegiatan tersebut juga mendapat respon dari kelompok penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu. Bahkan disabilitas rungu dapat menikmati permainan bertema kebangsaan.

“Sengaja kita mengajak disabilitas rungu ikut bermain, sebagai upaya menghilangkan batasan interaksi antara pemuda normal dan pemuda disabilitas, ” ujar Ketua panitia, Muhammad Afif Fathoni disela Festival Edu Games Kebangsaan di Cornelia Residence, Sabtu (27/10/2018).

Afif yang juga pengurus Karang Taruna ini menjelaskan kegiatan festival edu games kebangsaan bertujuan menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme melalui pendekatan permainan. Hal ini dianggap unik dan menarik, karena permainan ternyata jadi sarana efektif untuk edukasi.

Selain itu, lanjut dia permainan edukasi bertema kebangsaan ini juga mampu diikuti penyandang disabilitas rungu. Bahkan bisa bermain bersama dengan pemuda lainnya tanpa hambatan yg berarti.

“Saya yakin inilah esensi Sumpah Pemuda dimana sikap saling menghormati, melindungi dan menerima perbedaan hidup dalam diri pemuda, ” ujarnya.

Adapun permainan edukasi itu berupa permainan kartu dan permainan papan atau board games. Sebagai contoh adalah kwartet kebangsaan dan ular tangga kebangsaan.

Kedua permainan itu, kata Afif merupakan permainan yang diproduksi Nusantarapedia. Sebuah komunitas yang memng fokus mengembangkan permainan edukasi bertema kebangsaan.

“Awalnya cukup ragu kalau penyandang disabilitas rungu bisa bermain. Ternyata memang bisa dan sahabat disabilitas itu gembira saat bermain, ” imbuhnya.

Founder Nusantarapedia, Riko Noviantoro menambahkan edu games bertema kebangsaan ini sudah banyak dimainkan orang. Berbagai daerah juga sudah mencoba permainan. Hasilnya cukup positif dan memberikan nila pengetahuan kebangsaan.

“Nusantatapedia memberi support kepada Karang Taruna saat mengusulkan kegiatan itu. Dan ternyata menarik dan berkesan, ” tuturnya.

Terkait edu games bagi disabilitas rungu, Riko menambahkan juga tidak ad hambatan. Sejumlah pemuda bisa bermain bersama dengam disabilitas rungu. Jenis permainan bersamanya adalah kwartet kebangsaan. (kie)

Komentar Anda

comments