Delegasi 7 Negara Afrika Kunjungi BATAN

oleh -
Kunjungan delegasi 7 negara Afrika ke BATAN. Foto: Nad

Palapanews.com- Sebanyak tujuh delegasi negara Afrika yang tergabung dalam National Liassion Officer (NLO) mengunjungi semua fasilitas nuklir milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) pada 8 sampai 11 Oktober 2018. Faslitas nuklir itu berada di Pasar Jumat, BATAN Serpong, BATAN Bandung dan BATAN Yogyakarta.

Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan kunjungan tujuh delegasi berasal dari Sudan, Sinegal, Tanzania, Kongo, Malawi, Niger, Angola ini merupakan tindak lajut dari penandatanganan practical arrangement antara Menristekdikti dengan Dirjen Badan Tenaga Atom Internasional/International Atomic Energy Agenncy (IAEA) pada 5 Februari 2018 lalu.

“Disepakati, Indonesia akan membantu negara berkembang lainnya dalam kerangka kerja sama selatan-selatan. Selain itu, posisi BATAN dipandang cukup maju dalam penguasaan teknologi nuklir dan pemanfaatannya oleh negara-negara di Afrika dalam penguasaan teknologi nuklir khususnya non energi,” ujar Djarot usai membuka pelatihan Radiofarmaka untuk Negara-Negara Afrika di salah satu hotel di Serpong, Senin (8/10/2018) pagi.

Capaian dari program penelitian dan pengembangan dalam rangka penguasaan teknologi nuklir yang dilakukan BATAN di berbagai bidang, yakni pertanian, pangan, kesehatan, lingkungan, industri, reaktor riset, dan pendidikan Sumber Daya manusia ini menempatkan Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjadi Collaborating Center untuk dua bidang sekaligus.

“Ini penting, dimana BATAN sebagai lembaga yang bergelut dengan penguasaan teknologi nuklir dapat mengenalkannya kepada negara-negara di Afrika. Apabila mereka tertarik dengan pemanfaatan teknologi nuklir di bidang tertentu, maka dapat ditindaklanjuti dengan bentuk kerja sama,” kata dia.

Kunjungan ini juga berarti sebagai diplomasi BATAN dalam membantu pemerintah dalam memperkuat kerja sama dengan negara-negara di Afrika, dengan harapan pihaknya dapat berkontribusi dalam upaya memperkuat kerjasama dalam rangka membangkitkan kembali semangat Asia-Afrika. (nad)

Komentar Anda

comments