Masuk Finalis IRSA 2018, Kota Tangerang Presentasi di Surabaya

oleh -
Kampanye keselamatan lalu lintas. Foto: Ydh

Palapanews.com- Kota Tangerang masuk dalam finalisasi lndonesia Road Safety Award (IRSA) 2018. Dalam kesempatan ini, Kota Tangerang akan melakukan pemaparan atau presentasi yang akan berlangsung di Kota Surabaya sebagai salah satu untuk penjurian sebagai tahap akhir penilaian di depan dewan juri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman mengatakan, jika Kota Tangerang sudah mendapatkan penghargaan IRSA tiga kali berturut- turut dan masuk dalam kategori Kota Metropolitan.

“IRSA diraih Kota Tangerang sejak 2015, 2016, dan 2017. Dan, untuk saat ini masuk dalam kategori Excellence,” kata Saeful saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 3 Oktober 2018.

Dalam kategori Excellence ini, ada lima faktor yang harus dipenuhi yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, prilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

“Lima faktor tersebut harus dilaksanakan agar terciptanya keselamatan dalam berkendara,” imbuh Saeful.

Dikatakan Saeful, ada pula program khusus yang harus ditaati yakni mendorong peningkatkan pengguna kendaraan umum, edukasi jalan masyarakat, inovasi keselamatan jalan, penerapan smartcity keselamatan jalan.

“Peningkatan pengguna kendaraan umum ini juga meliputi jaringan kereta api, transjabodetabek, BRT, dan angkutan sungai,” imbuh Saeful seraya menambahkan, pihaknya juga kerap melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai edukasi terhadap masyarakat.

Sementara itu, untuk inovasi keselamatan jalan, Dinas Perhubungan Kota Tangerang telah menerapkan sistem komputerisasi, sehingga data yang dihasilkan pun berbentuk digitalisasi.

“Atas program tersebut, Kota Tangerang merupakan satu-satunya di Provinsi Banten yang pelaksanaan uji kendaraan bermotor berbasis teknologi informasi. Dan, telah mendapatkan sertifikat dari Dirjen Perhubungan Darat,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.