Ortu Kurang Perhatian Penyebab Anak Putus Sekolah

Palapanews.com- Dinas Pendidikan Kota Tangerang menyelenggarakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga bertema membangun keluarga yang sejahtera, berahlakul karimah dan berdaya saing, Selasa (25/9/2018) di ruang Al Amanah Puspemkot Tangerang.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 186 tenaga pendidik dan pengawas dari sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini hadir.

“Kegiatan ini implementasi dari Permendikbud Nomor 30 tahun 2007 tentang Pelibatan keluarga dalam pendidikan, kegiatan ini membangun sebuah sinergitas di tiga sentra pendidikan,” papar Muhammad Adli, Kabid PAUD dan PLS Kota Tangerang.

Ia mengatakan, tiga sentra pendidikan yang dimaksud yakni pada keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan hasil pendidikan yang dilakukan dapat berjalan baik.

“Jadi tidak hanya pemkot atau Dindik, karena pendidikan pertama itu ada di keluarga, kemandirian anak, penguatan mental anak, karakter anak ada di keluarga, dengan cara memberikan contoh dan tauladan,” ujarnya.

Sosialisasi Pendidikan Keluarga oleh Dindik Kota Tangerang. Foto: Ist

Selama ini, menurutnya, banyak permasalahan yang terjadi pada peserta didik seperti adanya putus sekolah maupun drop out.

Peristiwa tersebut disebabkan kurangnya penguatan karakter anak pada lingkungan keluarga dan rumah.

“Karena keterbatasan orangtua, seperti sibuk kerja, dan sebagainya, anak-anaknya kebanyakan di sekolah kan di jenjang tertentu, kaitan lembaga, penambahan karakter dan sebagainya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi para pendidik untuk dapat bersinergi dengan orangtua siswa.

“Kita memberikan pengetahuan, menambah keterampilan dan wawasan mengenai pendidikan anak dan masyarakat,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments