Tradisional, Begini Pembuatan Tahu dari Binong Tangerang

Palapanews.com- Sudah 14 tahun Asep menggeluti profesi sebagai pembuat tahu. Warga Kampung Cijengir, Binong, Kabupaten Tangerang ini masih mempertahankan cara pembuatan tradisional untuk produksi tahunya.

“Sudah 14 tahun saya bergelut dalam pembuatan tahu. Dan saya selalu bersyukur dengan rejeki yang diberikan,ā€ kata Asep, Senin (24/9/2018).

Menggunakan bahan baku kedelai, Asep merendam terlebih dahulu selama tiga jam dan dimasukkan kedalam mesin giling agar kedelai menjadi halus.

ā€œSetelah itu, kedelai yang sudah halus tadi digodog hingga mendidih lalu disaring dan diperas. Selanjutnya pisahkan antara air perasan dan ampas kedelai,ā€ papar Asep.

Air kedelai tadi dicampurkan dengan formula tertentu untuk menghasilkan kembang tahu yang siap dicetak menggunakan alat cetak dari papan berbentuk segi empat.

ā€œUntuk tahu kuning, saat direbus tambahkan dengan air kunyit tunggu hingga mendidih. Dan proses selanjutnya sama dengan tahu putih,ā€ terangnya.

Mengenai pemasaran, Asep masih menjajakan di wilayah Binong. Disamping itu, banyak pedagang keliling yang mengambil tahu langsung ke workshopnya. (ryn)

Komentar Anda

comments