Intip Fasilitas Lab Artificial Intelligence UMN

oleh -

Palapanews.com – Kelengkapan Fasilitas untuk mendukung suatu program pembelajaran tentunya juga sangat lah penting. Tidak hanya lengkap tapi juga harus kualitas tinggi.

Begitu juga dengan kelengkapan fasilitas yang disediakan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam mendukung dibukanya program pembelajaran Artificial Intelligence (AI) guna menciptakan tenaga handal di bidang Data Scientist yang baru diresmikan.

Menurut Arya Wicaksana, Sekretariat Program Studi Informatika UMN, Lab AI UMN memiliki tujuh unit server. Server tersebut memfasilitasi komputasi untuk pembelajaran machine learning dan deep learning. Keseluruhan server dapat diakses tanpa batas melalui aplikasi Jupyter Notebook selama penggunaan di dalam Lab AI UMN.

ruang diskusi. (bd)

“Dua dari 7 server di Lab AI UMN hibah dari RII (PT ReNom Infrastruktur Indonesia) sebagai bagian dari kerja sama antara RII dengan UMN,” jelas Arya.

Lab AI UMN ini, lanjutnya terdiri dari 3 ruangan; Ruang Image Processing,  Ruang  Voice Indentification dan Rang Diskusi. Ruang Image Processing untuk penelitian pembelajaran mesin ke arah pengolahan gambar. Sedangkan untuk pengolahan suara bisa di RuangVoice Indentification.

“Selain itu terdapat juga ruang diskusi untuk dosen dan mahasiswa meneliti Artificial Intelligence khususnya machine learning dan deep learning,” tambah Arya.

Sementara untuk peralatan bantu lain yang dimiliki ada Wi-FI, TV, Scanner, Webcame, Michrophone, Wireless Projector, Wireless, dan  Headphone. (bd)

Komentar Anda

comments