Dinkop & UKM Tangsel Beri Bekal Rencana Bisnis 70 Koperasi

oleh
Kepala Dinkop dan UKM Tangsel, Dahlia Nadeak pada Bimtek bagi pelaku koperasi. Foto: Nad

Palapanews.com- Sebanyak 70 koperasi yang tersebar di tujuh kecamatan wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Assesment Managemen Business Training (AMBT) yang digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangsel di Soll Marina Hotel pada 27 hingga 29 Agustus 2018.

Kepala Dinkop dan UKM Tangsel, Dahlia Nadeak mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengajak para koperasi agar bisa melakukan bisnis plan atau rencana bisnis koperasi yang memiliki beberapa jenis, seperti koperasi konsumen, produsen, jasa dan simpan pinjam.

“Pengembangan koperasi itu harus bisa kita latih, sehingga tidak dianggap lagi sebagai koperasi tradisional, namun harus mengikuti perkembangan zaman yang ada,” jelasnya.

Koperasi, diakui Dahlia, bisa mengikuti lelang karena kekuatan badan hukumnya sama dengan PT dan harus melengkapi standarisasi, seperti persyaratan teknis yang telah ditentukan. Hal tersebutlah yang diajarkan oleh Dinkop dan UKM Kota Tangsel pada pengurus koperasi.

Pelaku Koperasi foto bersama usai Bimtek bersama Dinkop dan UKM Tangsel. Foto: Nad

“Kami mengajarkan pengembangan bisnis dan juga rencana bisnis, seperti membuat kajian dan target-target yang harus dicapai agar usahanya dapat berkembang dengan pesat dan tidak kalah dengan kemajuan zaman,” kata Dahlia.

Diharapkan para peserta yang sudah diajarkan juga mampu mengembangkan dan membuat bisnis plan di dalam koperasi tersebut. Sehingga akhir tahun keuntungan mereka semakin besar.

“Ada pula Rapat Anggota Tahunan berbentuk digital yang sudah terkoneksi. Dan ini merupakan suatu prestasi, karena bisa melihat jumlah simpanannya melalui e-digital tanpa menggunakan buku. Semakin banyak melakukan transaksi maka semakin banyak mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU),” imbuhnya. (adv)

Komentar Anda

comments