Silat Betawi Bakal Masuk Eskul Sekolah Formal di Tangsel

Palapanews.com- Silat betawi bakal masuk dalam ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah formal di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ini tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Kebudayaan Betawi.

“Ada masukan dari banyak tokoh soal silat betawi yang harus masuk dalam ekskul di sekolah formal,” kata Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi, Syihabuddin Hasyim.

Masukan soal pasal khusus mengenai silat Betawi ini, menurutnya karena memang melihat saat ini beberapa padepokan silat yang menjaga kelestarian Silat Betawi mulai sepi peminat.

“Karena Silat Betawi inikan bukan cabang perlombaan, tetapi silat ini adalah kesenian dan kebudayaan yang harus dijaga. Makanya banyak usulan yang mengharuskan ada pasal khusus tentnag Silat Betawi ini,” paparnya.

Syihab berharap, Perda ini bisa segera disahkan, agar sudah mulai diberlakukan pada 2019 nanti. Sehingga segala bentuk penganggaran tentnag pelestarian kebudayaan Betawi sudah bisa dianggarkan di APBD Murni 2019.

Selain silat betawi, nantinya seluruh aspek kebudayaan betawi yang ada di Kota Tangsel bakal dijaga kelestariannya. Mulai dari sejarah, seni, dan kebudayaan yang berasal dari betawi. (jok)

Komentar Anda

comments