Ada Satgas Anti Sampah di Venue Asian Games

Palapanews.com- Polresta Tangerang dan Kodim 0510 Tigaraksa membentuk Satgas Anti Sampah. Satgas itu untuk menjaga kebersihan yang menjadi salah satu sorotan dalam gelaran Asian Games 2018.

Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif mengatakan, satgas akan melaksanakan pemantauan dan aktif memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Satgas tersebut, lanjutnya, akan fokus di sepanjang akses dan sekitar venue cabang olahraga modern Pentathlon yang dipertandingkan di Tigaraksa.

“Dalam tugasnya, satgas berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan serta mengajak masyarakat aktif membersihkan sampah,” ujar Sabilul, Jumat 24 Agustus 2018.

Sabilul menjelaskan, satgas akan memberikan pembinaan kepada masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Meski demikian, dalam melaksanakan pembinaan, satgas akan tetap mengedepankan unsur humanis.

“Prinsipnya demi kepentingan bersama. Demi nama baik negara sebagai tuan rumah dan demi kebersihan lingkungan kita juga. Tujuannya positif,” jelasnya.

Sabilul berharap, dengan adanya satgas dapat menumbuhkan kesadaran internal di masyarakat. Sehingga, gerakan menjaga lingkungan bukan karena takut kepada satgas tetapi memang karena adanya perubahan sikap mental.

Kegiatan ini, Sabilul menambahkan, selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, juga untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai tuan rumah di mata dunia.

“Dengan adanya satgas, kami ingin memastikan bahwa tidak ada sampah. Tidak ada satu pun puntung rokok yang tercecer,” kata Sabilul. (rik)

Komentar Anda

comments