Peringati HUT RI, DPU Tangsel Gelar Lomba Bersih Saluran

oleh -
DPU Tangsel gelar Lomba Bersih Saluran. Foto: Nad

Palapanews.com- Menyambut datangnya HUT ke-73 RI, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Lomba Bersih Saluran. Kegiatan rutin tahunan yang sudah digelar empat kali ini digelar dari 11 hingga 12 Agustus 2018 di seluruh Kecamatan yang ada di Tangsel.

“Penilaian dilakukan oleh tim dari Dinas Pekerjaan Umum Tangsel dan tim Forum Kota Sehat. Sedangkan, untuk peserta merupakan dari kelurahan yang mewakili 7 Kecamatan yang diusulkan oleh masing-masing Kecamatan,” kata Plt Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan di Cilenggang, Sabtu (11/8/2018).

Aries menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran. Masyarakat diberi contoh agar mau membersihkan lingkungannya masing-masing.

“Minimal di depan rumah kita dibersihkan. Ini merupakan tindak lanjut program Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, yakni Gerakan Bersih Saluran dan berharap masyarakat ikut serta,” ungkapnya.

Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 15 Agustus 2018 dan pemberian hadiah dan Piala bergilir akan disampaikan pada Puncak HUT RI Ke-73 Tingkat Kota Tangerang Selatan di Lapangan Cilenggang usai Upacara Pengibaran Bendera.

Sementara, menurut Asisten Daerah Pemkot Tangsel Retno Prawati, penilaiannya dilihat dari lancarnya saluran air, tidak ada semak-semak rumput di dekat salurah, kemudian harus ada bahu jalan yang rapi dengan bantarannya.

“Koneksi saluran antara pembuangan ke perumahan atau jalan kota harus nyambung terus, sehingga air mengalir terus tidak ada hambatannya. Gotong royong setiap warga pun dinilai juga banyaknya partisipasi masyarakat dalam membersihkan saluran air,” ungkapnya.

Penilaian pada Sabtu, 11 Agustus 2018 ini dilakukan di 4 Kecamatan, yaitu Serpong, Pamulang, Pondok Aren dan Ciputat Timur.

Sementara, Camat Serpong Mursinah mengatakan, warganya sangat antusias dalam melakukan kerja bakti membersihkan saluran.

“Seluruh masyarat sudah kita himbau untuk terlibat dalam membersihkan salurah, gorong-gorong dan saluran air, minimal di depan rumah mereka sendiri,” ungkapnya.

Sebetulnya, kata Mursinah, setiap hati Jumat pihaknya selalu mengadakan kerja bakti secara rutin.

“Namun karena ada lomba dari Dinas PU maka kita lebih tingkatkan lagi, dengan harapan masyarakat bisa terus berpartisipasi aktif dalam membersihkan saluran di masing-masing tempat tinggalnya. Sehingga tidak ada lagi kendala banjir di wilayah Serpong,” ungkap Mursinah. (nad)

Komentar Anda

comments