Imigrasi Arab Saudi Buka Loket di Bandara Soetta

oleh -

Palapanews.com- Untuk mempermudah keberangkatan calon Jemaah haji 2018, Kementerian Agama melakukan kerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi yakni menempatkan loket pemeriksaan keimigrasian negara Arab Saudi di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Namun, pelayanan tersebut belum diterapkan diseluruh embarkasi keberangkatan, tapi hanya beberapa embarkasi yang memiliki fasilitas. Hal ini disampaikan langsung oleh Muhammad Awaluddin, Dirut Angkasa Pura 2.

Menurut Dirut Angkasa Pura 2, pelayanan ini untuk mempermudah pemeriksaan keimigrasian, sehingga pemeriksaan cukup dilakukan di negera keberangkatan.

“Pelayanan ini belum seluruhnya diterapkan di embarkasi keberangkatan, tapi hanya embarkasi yang ditunjuk oleh Kementerian Agama, dan salah satunya embarkasi Bandara Internasional Soekarno Hatta,” katanya.

Awaludin menambahkan, dalam pelayanan ini ada dua puluh loket imigrasi khusus dari Arab Saudi yang telah disiapkan PT Angkasa Pura 2 di terminal dua keberangkatan.

“Ini adalah sebuah kerjasama antara Kementerian Agama Republik Indonesia dengan Imigrasi Arab Saudi,” papar Awaluddin seraya menambahkan, sedangkan untuk petugas Imigrasi akan disiapkan sekitar 200 personel dari Imigrasi Arab Saudi. “Pelayanan ini selama 24 jam yang terbagi dalam tiga shift,” terangnya.

Diketahui, pelayanan khusus ini untuk memudahkan keberangkatan calon Jemaah haji, dimana para Jemaah tidak perlu lagi antre mengurus keimigrasian saat tiba di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi. Sedangkan untuk kepengurusan awal dari Imigrasi Indonesia dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede, kemudian calon Jemaah haji diantar menuju Bandara Soekarno Hatta untuk mengurus Imigrasi Negara Arab Saudi sebelum berangkat menggunakan pesawat.

Sementara itu, untuk kelompok terbang (kloter) pertama calon Jemaah haji embarkasi Jakarta Banten diberangkatkan melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta hari ini. (ydh)

Komentar Anda

comments