Warga Kota Tangerang Mudik, BPJS Kesehatan Tetap Melayani

oleh -

Palapanews.com- Selama musim libur lebaran 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tangerang mengimbau kepada peserta JKN – KIS yang mudik tetap berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan tersebut ada pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Senin, (04/6).

“Lebih tepatnya H-8 sampai H+8 lebaran atau tanggal 7 sampai dengan 23 Juni 2018, peserta JKN-KIS berhak atas jaminan kesehatan selama hari libur Idul Fitri,” ujar Kepala BPJS Cabang Tangerang, Elfanetti saat ditemui di Kantor BPJS Kota Tangerang.

Menurutnya, bagi peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan kesehatan, dapat memperolehnya dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Prinsip portabilitas pada program JKN-KIS bisa dirasakan saat mudik lebaran, sesuai dengan peraturan perundangan. Dan ketika peserta berada di luar Kota, dan tidak terdaftar di FKTP, dapat mengakses pelayana kesehatan di FKTP, hal itu sudah menjadi bagian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya lagi,”jelasnya.

Elfanetti juga mengingatkan, agar para peserta yang sedang mudik diimbau untuk membawa kartu JKN-KIS. Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut berlaku bagi peserta dengan kepesertaan aktif.

“Mohon agar para peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar statusnya selalu aktif,” ungkapnya.

Elfanetti juga mengutarakan, bagi warga Kota Tangerang yang sedang mudik, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

“Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9 -14 Juni 2018 tersebut menyediakan pelayanan kesehatan. Obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik,”tutupnya.

Sekedar diketahui, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Dalam aplikasi tersebut juga menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 yang beroperasi selama 24 jam, termasuk hari minggu dan hari libur, untuk memperoleh berbagai informasi, melakukan pengaduan, termasuk konsultasi kesehatan. (Gs)

Komentar Anda

comments