Rawan Banjir, Jembatan Balong Barat Ditinggikan

Palapanews.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok rencananya akan melakukan peninggian Jembatan Balong Barat di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Upaya ini dilakukan karena lokasi tersebut rawan banjir yang disebabkan dari lauapan Kali Pesanggrahan.

“Sudah diusulkan untuk pembangunan fisik pada 2019 nanti, khusus jembatan dan upritannya dengan panjang 13 sampai 15 meter dan lebar 5 meter,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Manto.

Proyek tersebut, kata Manto, membutuhkan anggaran sekitar Rp2,6 miliar. Besarnya anggaran, diakuinya karena pekerjaan tersebut merupakan pembangunan ulang, bukan rehabilitasi.

“Nanti kami juga akan membuat turap di sisi kiri dan kanan. Agar air di Kali Pesanggrahan tidak meluap lagi ke jalan. Lagi pula, jembataan saat ini sudah tidak layak, sehingga mengharuskan kami membangun ulang. Akhir tahun 2018 ini, akan kami buat Detail Engineering Design (DED)-nya,” jelasnya.

Untuk solusi mengatasi banjir, jelas Manto, sementara pihaknya telah melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan dengan mengerahkan alat berat berupa spider dan Satuan Tugas (Satgas) Bidang Sumber Daya Air (SDA).

“Lokasi tersebut berada di cekungan paling rendah dan dilewati Kali Pesanggrahan. Sehingga ketika hujan sebentar saja, air kali meluap. Upaya sementara yang kami lakukan, diharapkan bisa meminimalisir terjadinya genangan. Sambil menunggu proses peninggian jembatan di 2019 nanti,” tutupnya. (kom/red)

Komentar Anda

comments