Ramadhan, PMI Kota Tangerang Siapkan 18 Ribu Kantong Darah

Palapanews.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terus meningkatkan jumlah ketersedian stok kantong darah disaat bulan puasa. Hal ini dilakukan guna menjaga stabilitas permintaan kantong darah, dimana biasanya terjadi penurunan jumlah pendonor disaat bulan puasa.

Wakil Ketua Bidang Pelayana Sosial dan Donor Darah PMI Kota Tangerang, Bhakti Venus Sembiring menuturkan, pada hari normal biasanya stok kantong darah yang tersedia antara 200-300 kantong darah, namun disaat bulan puasa ini kita akan siapkan stok nya sebanyak 18.000 kantong darah sampai dengan Idhul Fitri, karena biasanya jumlah pendonor akan turun.

“Biasanya jumlah pendonor di bulan puasa akan terus menurun sampai 60-70 persen, nah di bulan puasa tahun ini kita tingkatkan stok kantong darah kita. Dan, alhamdulillah saat ini sudah mencapai target, dimana per harinya ketersediaan stok kita mencapai 300-500 kantong darah,” ungkapnya.

Lebih  jauh ia menjelaskan, langkah antisipasi yang dilakukan saat bulan puasa pihaknya juga telah menyiapkan pendonor yang non muslim untuk ikut berpartisipasi mendonor pada bulan puasa.

“Pendonor yang non muslim ini kita geser agar berdonor di bulan puasa, selain itu kita juga sudah lakukan kerjasama beberapa masjid dan mall untuk melakukan penjemputan pendonor usai shalat taraweh,” tandasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments