Pemkot Tangerang Diminta Buatkan Mulok Moralitas dan Akhlak

oleh -

Palapanews.com- Pendidikan merupakan salah satu usaha yang dengan sengaja di pilih dalam meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan Akhlak.

Pendidikan juga diartikan sebagai suatu upaya dalam memanusiakan manusia ke taraf yang insani, oleh sebab itu PC IPNU Kota Tangerang mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan pembangunan kurikulum Muatan Lokal berbasis moralitas dan akhlak, Selasa, (02/4).

“Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas dan profesionalisme guru, kurikulum yang dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir menjadi sebuah pekerjaan rumah Pemerintah Kota Tangerang yang harus terus dilakukan secara berkesinambungan,” ungkap Ketua PC IPNU Kota Tangerang, M.Firdaus

Memaknai Hardiknas, menurutnya bukan hanya sekedar gencarnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, tetapi harus diimbangi dengan pembangunan SDM yang terencana.

“Dengan membangun dan memperkuat infrastruktur SDM, dapat menjadi sabuk pengikat pendidikan dan kebudayaan dalam kerangka Ahklaqul Karimah,” kata Firdaus.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris IPNU Kota Tangerang, Try Prasetyo A, bahwa dalam pembahasan Diskusi Forum Komunikasi, Kajian IPNU (FK2I) menitikberatkan soal pembangungan kurikulum mulok moralitas dan ahklak.

Dan itu sejalan dengan “Permendikbud NO. 79 tahun 2018 yang menyebutkan bahwa muatan lokal merupakan bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran, tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan daerah.

“Dalam hal ini khasanah pendidikan muatan lokal juga seharusnya sejalan dalam pasal 9 permendikbud NO. 79 Th. 2018, yang menyebutkan bahwa muatan lokal pada satuan pendidikan perlu didukung dengan kebijakan pemerintah kabupaten/kota dan ketersediaan sumberdaya pendidikan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Rekan-rekan IPNU juga sepakat, bahwa pembangun pada sektor pendidikan harus sejalan dengan Jargon Kota Tangerang Yakni Akhlaqul Karimah. Maka dari itu muatan lokal dalam penunjang kurikulum pendidikan haruslah diperjalas status dan fungsinya melalui kajian Akademik yang dituangkan dalam Peraturan Walikota.

“Sehingga Mulok yang dimuat benar-benar mewakili identitas kebudayaan asli Kota Tangerang dan juga tidak melupakan pesan moral dari Akhlaqul karimah,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments