Berkendara saat Hujan, Ini yang Wajib Diperhatikan Bikers

oleh -
Ilustrasi. Foto: Qubicleid

Palapanews.com- Kawasan Tangerang dan sekitarnya dalam sepekan ini terus diguyur hujan. Otomatis, ketika musim hujan jalanan akan penuh tantangan bagi para bikers tentunya.

Nah, Raihan Jaya Motor yang berlokasi di Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, punya tips bagi Anda para bikers saat berkendara dimusim hujan.

“Pada intinya, semua komponen vital pada sepeda motor harus berfungsi dan dalam kondisi prima,” kata Basit, mekanik Raihan Jaya Motor.

Basit mengatakan, ban merupakan salah satu komponen paling vital. Menurut dia, bikers harus betul-betul memperhatikan kondisi ban, apakah masih layak atau sudah harus diganti.

“Jangan dipaksakan, kalau memang sudah harus diganti, ya diganti. Karena ban ini betul-betul vital,” kata Basit mewanti.

Jika kondisi ban gundul, menurut Basit akan mengakibatkan gaya gesek maksimum yang dihasilkan antara dua permukaan mengalami slip (traksi) akan menurun. Kondisi ini dapat menyebabkan ban tergelincir, apalagi saat turun hujan.

“Pastikan untuk memeriksa kondisi ban disaat akan berkendara. Karena akan berakibat fatal bila kembang ban sudah tipis,” terangnya.

Satu komponen lain yang vital, adalah Cap supressor (tutup busi). Pada musim penghujan, komponen satu ini berperan penting untuk mencegah motor mogok saat melintasi genangan air.

“kalau tutup busi sudah aus, harus segera diganti agar sistem pengapiannya dapat maksimal,” Basit menambahkan.

Rem, menurut Basit juga menjadi prioritas saat berkendara. Kondisi rem harus dipastikan berjalan normal. Bila kekuatan cengkeramannya sudah berkurang maka harus segera diganti.

“Kondisi rem yang tidak normal dapat membahayakan pengendara. Selain tidak bisa memacu kecepatan, disaat mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan akan mengalami kendala,” tandasnya.

Nah, demikian tips berkendara saat hujan dari montir Raihan Jaya Motor. Selamat berkendara, keep safety first, guys! (mat)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.