Pemkot Depok Getol Bangun Taman Kota

Situ Cilodong, bakal dikembangkan jadi objek wisata air.

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, terus berupaya membangun taman di setiap kelurahan. Targetnya, untuk memenuhi kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota belimbing ini.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan pembangunan taman di tiap kelurahan ini akan dilakukan di aset milik Pemkot, seperti lahan fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di perumahan. Ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran.

“Utamanya, kami mendahulukan pembangunan taman yang lokasinya sudah menjadi aset kota, seperti fasos fasum pengembang atau perumahan yang memang sudah diserahkan kepada kami (Pemkot). Karena status lahannya sudah jelas, kami hanya tinggal membangun,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, pihaknya akan menyediakan akses jalan untuk pengunjung luar yang akan memanfaatkan taman tersebut. Terlebih, lokasinya sangat berdekatan dengan perumahan.

“Akses jalan, baik dari warga luar yang ingin memanfaatkan taman tersebut maupun warga kompleks, akan kita pikirkan. Walaupun itu berada di wilayah kompleks, namun warga luar harus bisa mengakses dan warga di dalam (kompleks) juga harus bisa menerima. Prinsipnya bisa diakses siapa pun secara leluasa,” ucapnya.

Idris -sapaan Mohammad Idris- mengaku untuk pembangunan taman baru, dibutuhkan anggaran sebesar Rp1 miliar. Sedangkan untuk peningkatan taman dibutuhkan anggaran kurang dari Rp200 juta.

“Anggaran satu taman itu Rp1 miliar dengan fasilitas lengkap. Kalau hanya peningkatan yang jelas tidak lebih dari Rp200 juta, karena tidak lelang,” jelasnya dikutip depok.go.id.

Untuk diketahui, saat ini Kota Depok sudah memiliki 105 taman yang berada di 21 dari 63 kelurahan di Kota Depok. Taman tersebut merupakan taman kelurahan maupun taman RW. (red)

Komentar Anda

comments