Resep Kue Bugis Mandi, Si Hijau-Putih Nan Menggoda

oleh -
Kue Bugis Mandi. (ist)
Kue Bugis Mandi. (ist)

Palapanews.com- Pernah mendengar jajanan tradisional Bugis Mandi? Dinamakan Bugis Mandi karena kue ini terlihat seperti berada di dalam bak mandi busa, dengan warna hijau yang hampir tenggelam di tengahnya di antara adonan warna putih yang mengelilinginya, mungkin karena ini dinamakan Bugis Mandi.

Bugis Mandi terbuat dari bahan yang sederhana seperti tepung ketan, tepung kanji dan bahan isiannya terbuat dari kelapaparut dan gula merah. Rasanya gurih gurih manis gitu sih. Cocok untuk lidah orang Indonesia.

Bahan-bahan

Bahan:
– 250 gram tepung ketan
– 50 gram tepung kanji
– 1 sdt air kapur sirih
– 75 ml air daun suji dari 10 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan

Isi:
– 250 gram kelapa parut setengah tua
– 250 gram gula merah, sisir
– 100 ml air
– ¼ sdt garam
– 1 lembar daun pandan, simpulkan

Areh:
– 200 ml santan dari ½ butir kelapa
– 2 sdt tepung beras
– 1 sdt agar-agar putih
– ¼ sdt garam
– daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Cara membuat
– Isi: Campur semua bahan isi, masak sambil diaduk hingga air menyusut. Angkat dan bentuk bulat sebesar kelereng

– Campur tepung ketan, tepung kanji, dan air kapur sirih. Tuangi air suji sedikit demi sedikit, aduk dengan tangan sampai adonan dapat dibentuk. Bentuk bulat adonan dengan garis tengah kira-kira 3 cm, masukkan isi lalu bulatkan kembali

– Letakkan di atas daun pisang/plastik yang telah diolesi minyak, beri 3 sdm areh. Bungkus dan semat dengan lidi. Kukus hingga matang, angkat.
– Buka daunnya, bungkus kembali dengan daun yang baru

Untuk rasanya Kue Bugis Mandi ini mungkin hampir mirip dengan klepon. Namun, dikutip dari Bacaresepdulu.com, Bugis Mandi memiliki rasa yang lebih gurih karen dikelilingi juga dengan lapisan putih yang terbuat dari tepung beras dan santan.

Bagi Anda yang kangen kue Bugis Mandi namun di daerah Anda susah menemukan kembali panganan ini, ya cobalah Anda membuat resep di atas. Dijamin rasanya yang lezat membuat Anda selalu kangen untuk memakan kue Bugis Mandi ini. (red)

Komentar Anda

comments