Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Gelar Pelatihan dan Bimtek Penyusunan Akuntansi

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tangerang menggelar pelatihan kegiatan manajamen pengelolaan koperasi dan bimbingan teknis penyusunan akuntasi.

Pelatihan tersebut untuk menyamakan dan menyatukan visi agar pembuatan laporan keuangan koperasi yang berada di Kota Tangerang bisa lebih seragam, Rabu, (14/2).

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Syarifudin Harjawinata, S.Sos mengatakan, bahwa pelatihan ini sebagai bukti keseriusan pengurus kepada anggota, dimana keberadaan uang meskipun hanya satu sen memang benar-benar bersumber dari aktifitas kegiatan di koperasi tersebut.

“Basic yang dipunyai pengurus dan anggota koperasi tentang ilmu akuntasi masih sedikit. Kebanyakan dari masyarakat umum yang menjadi pengurus dan staf sebagai pembuat pelaporan keuangan sehingga tidak seragam. Untuk itulah dengan adanya pelatihan pelaporan ini kita ingin satukan dan seragamkan pembuatan pelaporannya,” ungkap Syarifudin.

Dirinya juga menyampaikan, masih banyak kelemahan-kelemahan keberadaan koperasi yang berkaitan dengan tata cara pelaporan keuangan yang memang masih belum begitu sempurna.

“Dengan adanya pelatihan ini mudah- mudahan kita bisa lebih sempurna lagi dan bisa lebih seragam lagi dalam pembuatan pelaporan tentang kegiatan koperasi yang ada di badan usaha kita,” pintanya.

Selain itu, Syarifudin akan mengusulkan koperasi untuk dijadikan binaan baik itu dari Kota ataupun dari Provinsi Banten bagi koperasi yang dinyatakan sehat, pelaporan keuangannya bagus dan aktifitas kegiatannya bagus.

“Kita sudah melakukan pendataan bersama dengan teman-teman Kasie yang ada di bidang koperasi, mudah-mudahan nanti diusulkan juga di tingkat Kementerian untuk menjadi koperasi yang sehat dan mungkin akan diberikan semacam penghargaan untuk kegiatan-kegiatan ulang tahun koperasi di tingkat nasional,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa tahun ini pihaknya sudah memulai sistem pelaporan dan kegiatan yang dilakukan bidang koperasi secara online kepada koperasi-koperasi yang berada di Kota Tangerang.

“Cuma memang masih banyak koperasi yang belum memberikan emailnya kepada kita atau belum masuk ke data sistem online tersebut dan kita perlu waktu, karena ini tahun pertama kita melakukan data online kepada koperasi yang berada di Kota Tangerang,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, kedepan anggota koperasi yang mengikuti pelatihan ini dengan maksimal, maka hasil yang akan dicapai lebih maksimal, sehingga bisa meningkatkan SDM di koperasi tersebut.

“Semoga saja dengan pelatihan pelaporan yang digelar ini, para pengurus dan anggota koperasi bisa membuat pelaporan keuangan sesuai dengan aturan,” tutupnya.

Untuk diketahui, narasumber dalam pelatihan ini dari Kementerian Koperasi & UKM RI dan Lembaga Pendidikan Perkoperasian Nasional (LAPENKOPNAS). Yang diikuti oleh
150 orang peserta yang berasal dari pengurus dan pengawas koperasi yang berada di wilayah Kota Tangerang dengan waktu pelaksanaan tanggal 14 sampai tanggal 15 Maret 2018 yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah. (Adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.