PJs Walikota Tangerang Kritik Nilai B pada SAKIP

Raih WTP Berturut-turut 10 Kali

Palapanews.com Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Tangerang yang mendapat nilai B dari kementerian Pemberdayaan Apartur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang diraih beberapa waktu yang lalu mendapat perhatian khusus dari Pejabat Sementara (PJs) Wali Kota Tangerang M. Yusuf.

Hal ini dikatakan M. Yusuf  saat membuka kegiatan pelatihan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bagi Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) yang diselenggarakan di aula kantor Inspektorat Pemerintah kota Tangerang, Jl. K.S Tubun, Tangerang, Kamis (22/2).

“Dengan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 10 kali yang sudah diraih oleh Kota Tangerang, harusnya bisa meraih lebih dari nilai B di SAKIPnya,” ucap PJs Walikota.

Dirinya menambahkan, perolehan opini WTP selama 10 tahun berturut – turut yang diraih oleh Pemkot Tangerang harus menjadi nilai lebih dalam mendongkrak nilai yang lebih baik tentang SAKIP jika dibandingkan daerah lain yang notabene belum menyamai prestasi Kota Tangerang dalam hal raihan WTP.

“Kalau kota lain yang belum dapet WTP saja bisa dapet A , harusnya kita bisa dapat nilai lebih dari B bahkan mungkin A. Kalau yang jadi penghambat itu SDMnya, ya berarti harus digeser supaya bisa lebih baik lagi, “sambung M. Yusuf.

Lebih lanjut dihadapan para pegawai Inspektorat beliau kembali meminta kepada para ASN untuk bisa terus menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkada.

“Saya waktu jaman orba bawa-bawa spanduk ikut kampanye, sekarang udah enggak boleh lagi ASN ikut politik praktis,” tegasnya.

Selanjutnya, mantan Kabid Aset Pemkot Tangerang tersebut juga meminta kepada Inspektorat Kota Tangerang untuk dapat lebih intens dalam melakukan pengawasan dan pantauan langsung kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat memaksimalkan sistem yang sudah ada.

“Lakukan pengawalan dari awal dan pengawasan, supaya bisa maksimal,” tukasnya.

Sebelumnya, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan rasa syukur atas telah diraihnya predikat B. Dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Tangerang. “Syukur alhamdulillah, usaha yang kita lakukan untuk membenahi akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan membuahkan hasil,” ungkap Arief.

Peningkatan pelayanan publik tambah Arief, dimulai dari upaya pemkot dalam memberi kemudahan akses pelayanan publik kepada masyarakat. Melalui pemanfaatan teknologi informasi.

“Belum lagi program kebijakan yang memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Mulai dari program Tangerang Cerdas, Tangerang Sehat serta Tangerang Berbenah,” ujar Arief seraya menerangkan, masyarakat bisa merasakan langsung program yang dicanangkan Pemkot. (ydh)

Komentar Anda

comments