Peringati HPSN, Sampah di Kota Tangerang Harus Dikelola

oleh -

 

Palapanews.com- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) berpesan agar sampah di Kota Tangerang dilakukan pengelolaan.

“Pengelolaan sampah bukan hanya terkait regulasi, sarana dan prasarana tetapi adalah sebuah gerakan yang mampu merubah mindset masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati.

Diutarakan lebih lanjut, gerakan masyarakat dan pengelolaannya bukan hanya mengangkut dan membuang sampah saja.

“Tapi bagaimana caranya kita menangani dan menguranginya menjadi sesuatu yang bersifat ekonomis. Dan saya lihat Kota Tangerang sudah mempunyai komunitas peduli sampah dan itu sangat luar biasa,” tutupnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bahwa sampah menurutnya bukan hanya menimbulkan masalah tetapi juga bisa menimbulkan banjir.

“Air kiriman dari Bogor kemarin isinya sampah, nah ini bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran air dan juga bisa menimbulkan gas metan yang sangat berbahaya,”ucapnya.

Dirinya juga mengajak kepada masyarakat, agar memanfaatkan sampah organik menjadi kompos.

“Ini harus dijalankan, karena dengan mengelola sampah menjadi kompos bisa menimbulkan cacing dan bisa memanfaatkan sebagai air tanah,” tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments