Bantuan Kemanusiaan Penderita Gizi Buruk Tiba di Agats 

oleh -
Penyerahan bantuan kemanusiaan secara simbolis di Distrik Agats. (nad)
banner 300250
Penyerahan bantuan kemanusiaan secara simbolis di Distrik Agats. (nad)

Palapanews– Sekitar pukul 01.00 WIT kapal mesin yang membawa sekitar 13 ton bantuan kemanusiaan dan sekitar 15 penumpang tiba di pemukiman Agats, Kecamatan Asmat, Papua, Selasa (23/1). Termasuk diantaranya empat relawan Lions Club Tangerang Selatan Puri Siwi dan dua relawan HOPE Worldwide Indonesia.

Menempuh jalur laut dengan waktu tempuh selama 13 jam tidak membuat kami, para relawan patah semangat dalam meneruskan visinya untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat distrik Agats yang menderita gizi buruk dan campak. Bahkan, kami masih harus berada di dalam kapal sambil menunggu datangnya pagi.

Saat pagi datang, kapal yang kami tumpangi akhirnya mendarat menuju distrik Agats. Para penumpang dan muatan di dalamnya segera di evakuasi menggunakan speed boat menyebrangi kawasan pemukiman rumah panggung.

Tanpa beristirahat terlebih dahulu, para relawan bergegas ke RSUD Agats untuk melihat bagaimana penanggulangan dan penanganan gizi buruk, campak dan malaria yang sedang mewabah.

Sementara Pastur Hendrik selaku Koordinator Penanggung Jawab memaparkan, wabah di awal tahun 2018 ini terjadi hampir di semua distrik, namun untuk jumlah penderitanya di setiap kampungnya tidak sama.

“Oleh sebab itu, bantuan akan kami distribusikan sesuai dengan jumlah penderitanya dan tidak secara merata. Ini juga menurut Bupati sesuai dengan yang dibutuhkan. Terutama untuk penderita campak dan gizi buruk. Kita pastikan semua sampai di tangan,” imbuhnya.

Kemudian untuk pengolahan makanan sehat, banyak sekali masyarakat yang tidak mampu mengolah makanan secara sehat dan sesuai dengan prosedur.

“Karena tidak tau bagaimana cara mengolah, muncul banyak persoalan di belakang. Maka itu butuh orang di lapangan untuk membantu dan mengedukasi bagaimana cara membuat susu serta mengolah makan dengan benar,” pungkasnya. (nad)

Komentar Anda

comments