Penyaluran Bantuan ke Distrik Agats Lewat Jalur Laut

oleh -
Relawan kemanusiaan dan TNI akan menyalurkan bantuan ke Distrik Agats. (nad)
Relawan kemanusiaan dan TNI akan menyalurkan bantuan ke Distrik Agats. (nad)

Palapanews- Sebanyak kurang lebih 10 Ton bantuan yang diberikan oleh Markas Besar TNI bekerjasama dengan Lions Club Tangerang Selatan Puri Siwi, BCA serta HOPE Worldwide Indonesia akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan di pedalaman Suku Asmat, Papua dengan menggunakan lapal laut, Senin (22/1/2018) besok.

Letkol (Inf) Windarto, Dandim 1710 Kabupaten Mimika mengatakan rencananya bantuan bahan makan untuk masyarakat yang membutuhkan, khususnya balita atau dengan rentang usia 10 tahun kebawah yang terkena gizi buruk dan campak akan disalurkan dari Timika ke Distrik Agats dengan menggunakan kapal laut.

“Karena Distrik Agats tidak bisa dilalui jalur darat, maka kami akan salurkan dengan menggunakan kapal laut bermuatan 10 ton,” ujarnya ditemui di Markas Kodim 1710, Timika, Minggu (21/1/2018).

Selain kapal laut, penyaluran bantuan menurutnya bisa juga menggunakan pesawat. Hanya saja, pesawat kecil yang dapat melewati dengan muatan terbatas. Kemudian, nantinya bantuan akan diletakkan sementara waktu di Posko TNI wilayah Agats sebagai penampungan sementara dan akan didistribusikan ke 8 titik yang sangat membutuhkan.

“Penyaluran bantuan ketiga yang kami terima ini tidak bisa secara serentak, namun secara bertahap dengan bantuan dari Kodim Marauke sebagai yang punya wilayah,” paparnya.

Sementara ia berharap, musibah yang datang ini agar segera teratasi dan kerjasama dengan pemerintah serta aparat terkait juga terus saling bersinergi.

“Kedepan kami akan membuka posko bantuan untuk penampungan sementara dengan kordinasi lebih lanjut dengan Pemda Asmat. Walau demikian, bantuan yang kami terima melalui TNI akan segera kami salurkan,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments