PPDP Lakukan Coklit, Sasar Rumah Sachrudin

oleh -

 

Palapanews.com- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) ke sejumlah rumah di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Coklit dilakukan guna mencocokan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk menghadapi Pilkada Kota Tangerang 27 Juni 2018.

Seperti yang dilakukan oleh PPDP di wilayah Cipondoh, Sabtu (20/1/18). Mereka menyambangi kediaman rumah calon Wakil Walikota petahana, Sachrudin di RT 01/RW 04 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Proses coklit tersebut dipantau langsung oleh Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane beserta komisioner dan Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim.

Usai pendataan, Sanusi Pane mengatakan, proses coklit di hari pertama ini menyasar 20 ribu rumah di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Proses coklit dilakukan berlangsung mulai 20 Januari hingga 8 Februari. Sebanyak 645 ribu rumah jadi target coklit.

“Untuk hari pertama ini, kita mengutamakan opinion leader seperti tokoh masyarakat, pejabat, politisi hingga artis,” kata Sanusi Pane.

Menurut Sanusi, tujuan coklit awal itu agar para opinion leader ini bisa menyampaikan ke masyarakat terkait proses coklit.

“Karena proses pencoklitan merupakan pondasi awal bagi Pilkada yang baik,” kata Sanusi.

Lebih jauh Sanusi memastikan jumlah DP4 di Kota Tangerang saat ini mencapai 1,3 juta jiwa. Coklit ini, sambung Sanusi, dilakukan untuk menyesuaikan DP4 yang ada sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Karena nanti di DPS nanti bisa bertambah juga bisa berkurang. Biasanya kalau ada penambahan itu karena banyak pemilih pemula,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin mengatakan, coklit yang dilakukan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah tadi berjalan lancar. Di keluarga saya ada 10 yang masuk dalam DP4,” kata Sachrudin.

Ia pun berharap masyarakat juga dapat melakukan hal yang sama dengan mengikuti proses coklit.

“Semoga masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi untuk menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Kota Tangerang nanti dan menjadi pesta demokrasi yang baik,” tambahnya.

Ia juga mengimbau agar petugas PPDP terus melakukan jemput bola jika ada warga yang belum terdata.

“Mudah-mudahan petugas PPDP dapat tercapai targetnya dalam melaksanakan pendataan kepada masyarakat di Kota Tangerang,”tutupnya. (Gs)

Komentar Anda

comments