Masa Depan Batik Khas Kota Bogor Cerah

oleh -
Bima Arya menunjukan batik khas Kota Bogor. (bogornews)
Bima Arya menunjukan batik khas Kota Bogor. (bogornews)

Palapanews.com- Batik khas Kota Bogor memiliki masa depan cerah. Terlebih, jika para pembatik di kota hujan ini terus berkreasi mengembangkan dan melestarikan batiknya agar dikenal masyarakat luas.

“Saya ingin batik di Bogor motifnya berkembang, bukan hanya dikagumi oleh warga tetapi karena memang ada nilai-nilai disitu,” kata Walikota Bogor, Bima Arya saat menghadiri 6 tahun batik Handayani berkarya di Taman Malabar, Kota Bogor, Sabtu (23/12/2017) lalu.

Motif batik Bogor, diakui Bima terbilang baru tetapi memiliki nilai dan makna filosofinya. Seperti batik talas, uncal, hujan gerimis dan yang terbaru batik angkot. Dalam beberapa agenda resmi di tingkat pusat dia mengenakan baju batik motif angkot.

“Ketika pakai batik angkot, presiden tanya, menteri juga tanya. Kenapa angkot, lalu penjelasannya panjang, dan ujung-ujungnya mengalir dana untuk Kota Bogor,” kata Bima.

Bima menambahkan batik juga menjadi salah satu bentuk diplomasi. Dalam setiap motif batik mengandung nilai keuletan dari seorang pembatik yang menuangkan ide dan kemampuannya dalam membatik.

Bima mengapresiasi keberadaan Batik Handayani Geulis salah satu pembatik Bogor yang menghasilkan banyak motif batik Bogor. Hadir pada HUT ke-6 Batik Handayani Geulis, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Anas S Rasmana, perwakilan dari Disperindag, Lurah Babakan Yayat Supriatna dan undangan lainnya.(red)

Komentar Anda

comments