Alokasi Kursi di 2 Dapil Tangsel Berubah

oleh -
Komisioner KPU Tangsel saat melakukan sosialisasi Dapil.(jok)

Palapanews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan ada pergeseran jumlah kursi di dua daerah pemilihan (Dapil) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. Dimana jumlah kursi di Dapil Ciputat bertambah dan Dapil Ciputat Timur berkurang.

Pada Pemilu 2014 lalu, Dapil Ciputat memiliki alokasi tujuh kursi, sedangkan tahun ini bertambah menjadi 8 kursi. Di Ciputat Timur sebelumnya tujuh kursi, pada tahun ini berkurang menjadi 6 kursi.

“Setelah kami hitung dengan DAK (Data Agregat Kependudukan) yang kami terima dari Kementerian Dalam Negeri semester pertama 2017, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.244.204 jiwa, bahwa justru ada penurunan jumlah penduduk di Kecamatan Ciputat Timur, dan setelah dihitung dengan rumus pembagian alokasi kursi ternyata Ciputat Timur hanya mendapatkan 6 kursi dan Ciputat justru mendapatkan tambahan 1 kursi lagi,” kata Komisioner KPU Kota Tangsel, Badrussalam.

Baca juga: KPU Tangsel Pastikan Jumlah Dapil Pemilu 2019 Tetap 6

Heru Sudarmanto, Kabid Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Pada Disdukcapil Kota Tangsel menjelaskan bahwa penurunan jumlah penduduk di Kecamatan Ciputat Timur tersebut berdasarkan hasil pembersihan data ganda oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi ada pergeseran setelah dilakukan pembersihan data oleh Kementerian Dalam Negeri, data inilah yang dipakai oleh KP untuk menyusun alokasi kursi pada Pemilu 2019 nanti,” tandasnya.(jok)

Komentar Anda

comments