8 Pemenang Gondol Piala UCIFEST 8 – UMN

oleh -

Palapanews.com – UMN Animation & Film Festival yang digelar mulai 21–23 November 2017 di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara, Gedung New Media Tower Lt.3 & Lecture Theater Universitas Multimedia Nusantara, P.K. Ojong – Jakob Oetama Tower berjalan sukses.

Pembukaan UCIFEST 8 – UMN Animation & Film Festival dihadiri oleh Ina Listiyani Riyanto, Dekan Fakultas Seni dan Desain, Kus Sudarsono selaku Ketua Program Studi Film & Televisi, Lulu Ratna selaku dosen pembimbing Film Festival Theory and Practice, dan Dzikri Aulia Rizaldi selaku Festival Director UCIFEST 8 – UMN Animation & Film Festival.

“Harapan UCIFEST ini menjadi tempat ajang kompetisi yang sehat.”  Tutur Ina Listiyani Riyanto selaku Dekan Fakultas Seni dan Desain UMN.

“Dengan berkompetisi kita tahu di mana kelebihan kita, dan tahu di mana kelemahan kita,” tambah Kus Sudarsono, Ketua Program Studi Film & Televisi. Ada juga pemutaran film nominasi sekaligus sesi tanya jawab dengan filmmakernya langsung setelah pemutaran film di setiap sesinya.

Selain itu, dihadirkan Dita Gambiro yang masuk kedalam nominasi Penata Artistik Terpuji FFB Galih dan Ratna (2016), dan Bony Wirasmono dari The Little Giantz Animation Studio dalam seminar dan mengangkat sebuah topik, yaitu “Art for Film & Animation” pada sore hari.

Pada hari Kedua, UCIFEST 8 – UMN Animation & Film Festival  kembali mengadakan pemutaran fim nominasi berdasarkan tema dan juga pemutaran film Layar Tancap berjudul ‘Sepasang Iblis Betina” (1988) yang ditonton sekitar 158 orang.

Pada hari ketiga, UCIFEST 8  – UMN Animation & Film Festival mengadakan Focus On “Bedah karya Tonny Trimarsanto” (peraih piala Citra FFI 2017), yang merupakan salah satu juri dari UCIFEST 8 – UMN Animation & Film Festival. Dia membicarakan tentang tiga film dokumenter karyanya yang berjudul “It’s Beautiful Day”, “Renita Renita”, dan “Gerabah Plastik”.

Tidak hanya Focus On tetapi pemutaran film nominasi kembali diputar dan juga acara Awarding & Closing Night untuk mengumumkan pemenang UCIFEST 8 – UMN Animation & Film Festival di beberapa kategori. (rls/bd)

Berikut adalah pemenang UCIFEST 8 yang berhasil membawa pulang plakat, sertifikat, uang tunai, dan juga beasiswa Universitas Multimedia Nusantara khusus untuk kategori pelajar:

Kategori Animasi Pelajar Terbaik: “Astronaut Yugen”, karya Niken Nabrita (SMAN 11 Surabaya)

Kategori Fiksi Pelajar Terbaik: “Teh Getir dan Alterasi Rasa”, karya Ryan Sebastian (SMA Budi Mulia)

Kategori Dokumenter Mahasiswa Terbaik: “Pendayung Terakhir”, karya Ali B. Klibaren (Institut Agama Islam Negeri Ambon)

Kategori Animasi Mahasiswa Terbaik: “Oh-Bey”, karya Gloria Abigail Haryono (Universitas Bina Nusantara)

Kategori Fiksi Mahasiswa Terbaik: “Mars”, karya Muhammad Marhawi (Institut Seni indonesia Yogyakarta)

Kategori Favorit Penonton: “W”, karya Yohanes Theo (Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta)

 Kategori Jury’s Special Mention Animasi Pelajar: “Sulit”, karya Andre Christianto (SMK Bhakti Anindya)

Kategori Jury’s Special Mention Animasi Mahasiswa: “The Daze”, karya Fredy (Universitas Bina Nusantara)

Komentar Anda

comments