Pemkot Tangsel Bagikan 3.879 Kartu KIS

oleh -
Penerima KIS asal Tangsel.
Penerima KIS asal Tangsel.

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) membagikan sebanyak 3.897 Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Lapangan Cilenggang, Serpong, Senin (30/10/2017) kemarin.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang mengungkapkan penerima KIS ini merupakan peralihan dari kartu Jamkesda. Penerima kartu KIS ini merupakan warga yang tidak mampu.

“Pemberian kartu KIS ini dilakukan secara simbolis dan akan dibagikan secara bertahap hingga akhir November ini,” ungkapnya.

Penerima KIS ini, menurut dia, merupakan hasil verifikasi data dari penerima Jamkesda sebanyak 24 ribu jiwa. Lalu, hasil itu diverifikasi lagi menjadi 11 ribu. Verifikasi selanjutnya oleh Dinas SOsial menyusut menjadi 5.000 dan hasil verifikasi terakhir dari BPJS sebanyak 3879 warga Tangsel yang memperoleh kartu KIS tersebut.

“Hasil 3879 ini merupakan data awal, untuk data penerima KIS tahap berikutnya masih dilakukan verifikasi data baik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Sosial,” jelasnya sambil mengungkapkan Kartu KIS ini, dibiayai langsung oleh Pemkot Tangsel.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto mengungkapkan data penerima KIS ini merupakan verifikasi data dari Disdukcapil dan Dinsos. “Jadi, data penerima KIS itu berdasarkan hasil pendataan BPS sebagaimana penentuan penerima bantuan pada bantuan beras miskin (raskin),” katanya.

Ia menjelaskan, KIS merupakan program perioritas Presiden Joko Widodo dan program ini terintegrasi dengan BPJS Kesehatan. “Di BPJS Kesehatan itu ada yang bernama program penerima bantuan iuran. KIS ini untuk warga yang tidak terdaftar dalam program bantuan iuran BPJS Kesehatan,” katanya.(rls/bd)

Komentar Anda

comments