Peringati Pink October, Cancer Support Group Diresmikan

oleh -
Suasana peluncuran Support Cancer Group.
Suasana peluncuran Support Cancer Group.

Palapanews.com- Pink October merupakan bulan peringatan terhadap para penderita kanker payudara yang selalu diperingati dimanapun. Oleh sebab itu, kegiatan Celebrating Pink October The Breast Cancer Awareness Month digelar di Lobby Siloam Hospital Simatupang, Senin (23/10/2017) lalu.

Mengusung tagline Prevention is Better Then Cure, berbagai macam kegiatan dilakukan seperti Health Talkshow oleh dr. Riana Rikanti Hakim, Song Performance By Pelangi, Testimonial from Cancer Survivor Mrs. Karlina Djajanegara, Flash Mop “Goyang Tobelo”, Launching Siloam Cancer Support Community, dan pembagian souvenir kepada seluruh pengunjung dan pasien di Siloam Hospitals Simatupang.

Riana Rikanti Hakim selaku Dokter Spesialis Radiasi Onkologi Siloam Hospitals Simatupang mengatakan, para perempuan harus sejak dini melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Baiknya pemeriksaan ini dilakukan sebulan sekali.

“Perempuan harus aware untuk melakukan Periksa Payudara Sendiri (Sadari) yang hanya cukup menghabiskan waktu selama lima menit,” ungkapnya seraya mengatakan, SADARI dapat dilakukan sendiri oleh perempuan dengan melakukan inspeksi pada payudara dengan berdiri di depan kaca.

“Pertama berdiri di depan cermin dan tentunya tanpa menggunakan busana. Ketika itu inspeksi seluruh bagian payudara dan cari apakah ada perubahan bentuk, ketidaksimetrisan, perubahan yang bermakna, benjolan, luka dan puting keluar air,” papar dr. Riana.

Setelah itu dilanjutkan dengan mengangkat tangan ke atas dan lakukan inspeksi dengan melihat ke seluruh bagian payudara dengan melihat perubahan bentuk, ketidaksimetrisan, perubahan yang bermakna, benjolan, luka, dan puting keluar air. Hal ini pun bisa dilakukan dengan posisi berbaring dan tidur.

“Tentunya setelah SADARI apabila ada benjolan jangan sampai menunda proses diagnosis dengan memeriksakan ke dokter. Semakin cepat kita tahu maka akan semakin cepat langkah yang akan dilakukan. Tentunya jangan malu untuk pergi ke dokter dan jangan malu karena di sini banyak orang yang akan men-support,” jelas dr. Riana.

Sementara dr. Danny Widjaja selaku Chief Executive Officer Siloam Hospitals Simatupang mengatakan, kegiatan Pink Celebrating Oktober ini tak hanya berbentuk pengobatan, akan tetapi juga dalam bentuk dukungan psikologis.

“Penderita kanker membutuhkan support psikologis bahwasanya penderita kanker bisa bekerja dan hidup layaknya orang sehat biasa. Sehingga dukungan moril dari sesama penderita kanker bisa menguatkan mereka dan akan mempercepat penyembuhan,” ungkapnya.

Hingga kini Siloam Cancer Support Community sudah memiliki 40 anggota atau 40 pasien Siloam Hospital yang bergabung. Ia berharap kedepannya komunitas ini akan mengadakan kegiatan rutin sebulan sekali.

Dani Wijaya, Chief Executive Officer Siloam TB. Simatupang Pink October selalu diperingati dimana pun, bukan hanya kepada penderita kanker payudara, melainkan lainnya. Diketahui kanker merupakan masalah yang menakutkan dan belum ada solusinya. Ia juga terus berharap adanya terobosan baru di dalam dunia medis. (nad)

Komentar Anda

comments