Depok Dapat Sertifikat Eliminasi Filariasis

oleh -
Walikota Depok Mohammad Idris saat memimpin Apel.
Walikota Depok Mohammad Idris saat memimpin Apel.

Palapanews.com- Pemerintah Kota Depok baru-baru ini menerima Sertifikat Eliminasi Filariasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Penghargaan yang diberikan kepada 13 kota/kabupaten se-Indonesia ini diberikan atas keseriusan pemerintah daerah menekan penularan penyakit kaki gajah.

Sertifikat ini diterima berdasarkan hasil evaluasi penilaian penularan yang telah menunjukkan penurunan prevalensi filariasis, sehingga tidak memungkinkan adanya penularan kembali,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, belum lama ini.

Pemkot Depok, menurutnya, sejak beberapa tahun sebelumnya menggalakkan imunisasi filariasis secara merata di semua wilayah. Dengan upaya tersebut, ia meyakini penularan filariasis di masyarakat semakin menurun.

“Kalau malaria atau demam berdarah, jenis nyamuknya khusus. Tapi, untuk filariasis, nyamuknya bisa dari jenis apa saja dan menular. Ini bahayanya,” lanjutnya.

Untuk itu, Mohammad Idris mengimbau agar masyarakat sekaligus instansi terkait untuk tetap waspada. Caranya yaitu dengan melakukan pemantauan potensi terjadinya penyakit ini di berbagai daerah.

“Saya mengimbau kepada Perangkat Daerah (PD) terkait, khususnya unit  kerja, seperti Juru Pemantau Jentik (Jumantik) atau Puskesmas untuk tetap memantau kecenderungan terjadinya penyakit di berbagai wilayah, sehingga masyarakat bebas filariasis,” tutupnya.(red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments