Anggota DPR Ini Minta Warga Aktif Awasi Peredaran Makanan

oleh -
Anggota DPR RI Marinus Gea (kiri) saat kegiatan di Ciputat.
Anggota DPR RI Marinus Gea (kiri) saat kegiatan di Ciputat.

Palapanews.com- Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Marinus Gea melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahan kimia berbahaya yang dicampurkan ke dalam makanan di Ciputat, Minggu (15/10/2017). Ini sebagai wujud kepedulian wakil rakyat terhadap kesehatan warganya.

Dalam kegiatan sosliasasi dan edukasi tersebut, Marinus menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten. Sosliasasi tersebut juga melibatkan sebanyak 300 masyarakat setempat.

“Ini sebagai bentuk tanggungjawab anggota DPR dari Dapil Banten 3 (Tangerang, Tangsel, Kabupaten Tangerang). Intinya, kami ingin mengedukasi masyarakat agar semakin cerdas memilih makanan,” kata politisi PDIP asal Kota Tangerang ini.

Melalui kegiatan itu, ia juga mengajak masyarakat juga ikut serta mengawasi sekitarnya. Jika memang ada temuan produksi makanan dengan menggunakan bahan berbahaya, maka menurutnya masyarakat sudah tahu harus bertindak seperti apa.

“Banyak industri makanan tumbuh, bahkan yang ilegal juga banyak dan sudah ditindak. Tapi pengawasan BPOM ini kan terbatas, maka itu harus ada keterlibatan dan kepedulian masyarakat,” kata Marinus.

Sedangkan Kepala BPOM Banten Nurjaya Bangsawan, memang harus bekerjasama denagn lintas sektor terkait. Termasuk seperti saat ini dengan tokoh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dia juga mengakui, memang untuk makanan dan pangan berbahaya memang lebih banyak beredar di wilayah Tangerang Raya. Sehingga pengawasan di wilayah Tangerang Raya ini harus lebih ekstra lagi.

“Dengan keterlibatan aktif masyarakat, maka peredaran makanan berbahaya akan berkurang,” tandasnya.(jok)

Komentar Anda

comments