Mulai Peduli Kesehatan Bersama ORP Mahatma Unit TS BSD

oleh -
Pendadaran Mahatma Unit GL3 Cabang Sahid.
Pendadaran Mahatma Unit GL3 Cabang Sahid.

Palapanews.com- Mahatma merupakan Olah Raga Pernafasan (ORP) yang didirikan KH Prof DR Achmad Riva’I pada 28 Oktober 1995 di Jakarta. Tanggal yang bertepatan dengan Sumpah Pemuda itu dipilih agar semangat persatuan, kesetiaan dan saling menghormati dapat tetap terjaga di Mahatma.

Di kawasan BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah hadir beberapa unit yang berada dibawah Cabang Sahid Jaya. Salah satunya adalah unit Telaga Seafood (TS) pada Juli 2017 lalu.

Ketua Unit TS, Andi Faizal mengatakan ORP Mahatma di kawasan BSD berkembang dengan pesat, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

“Mahatma itu bukan nama dari sanskerta maupun India. Maju Sehat Bersama atau (Mahatma) merupakan olah raga yang bertumpu kepada pengolahan nafas, yang berdiri atas dasar niat suci mencari ridho sang pencipta,” kata Andi Faizal.

Andi melanjutkan, puluhan orang yang berasal dari BSD dan sekitar telah bergabung dengan Mahatma Unit TS yang memiliki lokasi latihan di Lapangan Basket Blok O, Sektor 14.5 Nusa Loka.

Nah, bagaimana bila masyarakat ingin menjadi anggota ORP Mahatma Unit TS yang memiliki jadwal latihan saban Senin dan Kamis malam ini?

Cukup datang ke pengurus dan mendaftarkan diri sesuai peraturan yang berlaku. Lalu calon anggota akan diberikan pendadaran/pelatihan.

“Bagi para calon anggota akan diajarkan bagaimana cara kuda-kuda yang benar, pengenalan jurus, cara mengolah nafas yang benar hingga cara beretika yang baik sesuai pemahaman ORP Mahatma,” papar Andi.

Para calon anggota, selain harus mentaati segala peraturan dan bimbingan, juga diharuskan untuk mengikuti jadwal pelatihan 5 kali berturut-turut.

Setelah semua dijalani dan mendapat penilaian baik dari pelatih. Barulah para calon anggota diijinkan mengikuti yang namanya ujian pendadaran.

“Nah, pada ujian pendadaran itu, para calon anggota diuji seputar wawasan ORP Mahatma, serta ujian 6 etika sopan santun yang harus dimiliki anggota Mahatma,” tutur Andi.

Adapun 6 etika sopan santun yang harus dikuasai, diantaranya:
1. 5M (Mata jangan larak lirik, Mulut jangan ngobrol, Mulut jangan nguap, Mulut jangan celetak-celetuk, Muka jangan cemberut)
2. Cara berterima kasih
3. Cara tepuk tangan
4. Cara jalan melewati yang duduk
5. Cara salaman dari jarak jauh dan jarak dekat
6. 3 etika di tempat latihan

Bila para calon anggota berhasil mengikuti semua materi ujian dan peraturan yang berlaku, selanjutnya barulah dinyatakan lulus yang ditandai dengan dibukanya energi oleh Pembina Mahatma.(fit)

Komentar Anda

comments