Iradiator Gamma Merah Putih Diresmikan Akhir Agustus 2017

Maket Gedung Iradiator Merah Putih.

Palapanews.com- Jika tak ada aral melintang, Iradiator Merah Putih yang berlokasi di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) di Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal diresmikan pada akhir Agustus atau awal September 2017 mendatang.

“Iradiator merah putih yang dibangun sejak setahun silam merupakan fasilitas nuklir yang memanfaatkan radiasi sinar gamma sebagai alat untuk pengawetan bahan pangan atau bahan lainnya serta sterilisasi alat kesehatan,” kata Hal ini dikatakan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Djarot Sulistio Wisnubroto saat mendapat kunjungan dari Gubernur Bangka Belitung, di Batan, Puspiptek, Kota Tangsel, Senin (14/8/2017).

Menurutnya, peresmian iradiator dengan 80 persen komponen buatan Indonesia ini akan diresmikan pada akhir Agustus atau awal September 2017.

“Dengan menggunakan fasilitas ini, maka kita bisa meningkatkan komoditas negeri kita, baik untuk pengawetan makanan maupun untuk sterilisasi alat kesetahan atau lainnya,” katanya.

Terlebih, lanjutnya, dengan banyaknya hasil pertanian, peternakan dan perikanan di Indonesia yang melimpah, namun paska panen yang kurang memadai sehingga mengakibatkan sekitar 60-70 persen produk tersebut cepat rusak dan busuk.

Menurutnya, saat ini Indonesia hanya mempunyai 1 iradiator dengan skala komersial yang berada di Cibitung dengan konsumen sekitar 200 industri, sedangkan di BATAN dengan skala yang lebih kecil sudah banyak yang memanfaatkan fasilitas ini seperti merk kosmetik Mustika Ratu.

Dengan rampungnya pembangunan iradiator merah putih ini, maka jumlah iradiator dengan skala komersial di Indonesia akan bertambah dan sangat berguna bagi banyak kalangan. (nad)

Komentar Anda

comments