Wagub Banten Buka Festival Budaya Lebaran Betawi

oleh -
Wakil Gubernur Banten memukul bedug sebagai tanda pembukaan Festival Budaya Lebaran Betawi di Pondok Aren. Foto: Dok
Wakil Gubernur Banten memukul bedug sebagai tanda pembukaan Festival Budaya Lebaran Betawi di Pondok Aren.

Palapanews.com- Festival Budaya Lebaran Betawi yang digagas kelompok pemuda Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (LIMA BETA) di Kelurahan Jurangmangu Barat, Pondok Aren, resmi dibuka, Sabtu (29/7/2017). Kegiatan yang sudah tiga kali digelar ini dibuka Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy.

Selain Andika, kegiatan hadir pula Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Sekretaris Daerah Kota Tangsel Muhamad, Kadis Pariwisata Tangsel Chaerudin, Plt. Camat Pondok Aren Rahmat Salam, Budayawan H. Ridwan Saidi dan Lurah Jurangmangu Barat Ma’mun.

Wagub Banten, Andika Hazrumy memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi dengan diadakannya Gelaran Lebaran Betawi. Menurutnya, kegiatan ini menunjukan eksistensi budaya Betawi yang ada di Kota Tangsel.

“Adanya Lebaran Betawi diharapkan menjadi contoh bagi Dinas Pariwisata setempat untuk memberikan ruang terhadap eksistensi budaya-budaya yang ada di Banten melalui Perwal bahkan Pergub-nya,” ujarnya.

Ia juga berharap agar kegiatan seperti Festival Budaya Betawi lebih eksis lagi di tahun kedepan. Sehingga bisa ditempatkan di lokasi yang lebih besar agar lebih banyak lagi masyarakat yang hadir.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Tangsel menambahkan, Lebaran Betawi merupakan tradisi usai lebaran yang dilakukan oleh masyakarat Betawi untuk melakukan hantaran dari yang lebih muda ke yang lebih tua.

Acara yang dibuka dengan Tarian Anggrek, atraksi pencak silat dan puluhan stand akan ditutup pada Minggu malam senin (30/7) oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany. (nad)

Komentar Anda

comments