Sekolah di Tangsel Kampanyekan Imunisasi MR

oleh -
Sosialisasi Imunisasi MR di TKN Pembina 1 Tangsel.
banner 300250
Sosialisasi Imunisasi MR di TKN Pembina 1 Tangsel.

Palapanews.com- Sebagai tindak lanjut dalam upaya mengatasi penyakit campak dan Rubella di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), TK Negeri Pembina 1 Kota Tangsel mengadakan Sosialisasi Imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak-Rubella kepada para Wali Murid di ruang kelas TKN Pembina 1 Tangsel, Sabtu (29/7/2017).

Kepala TKN Pembina 1 Tangsel, Katriatun Sarwening mengatakan demi menyukseskan kampanye Imunisasi MR tersebut, TKN Pembina 1 dibantu dengan narasumber langsung dari Puskesmas Situ Gintung untuk memberikan sosialisasi dengan tujuan untuk memberikan informasi secara jelas tentang bahaya campak dan rubella.

“Oleh sebab itu, sosialisasi ini sangat penting untuk memberi pemahaman bagi ibu dan bapak wali murid terkait solusi pengendalian rubella serta pentingnya imunisasi kepada anak-anak,” ujarnya.

Ia berharap, semoga anak-anak diberikan kesehatan agar dapat mengikuti imunisasi. Selain itu, apa yang menjadi target Dinas Kesehatan juga akan tercapai.

Sementara Bidan Dewi dari Puskesmas Situ Gintung menjelaskan, Imunisasi Measles Rubella merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus di TKN Pembina 1 Kota Tangsel.

Menurutnya, kampanye ini merupakan suatu kegiatan imunisasi secara masal yang diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Vaksin ini adalah vaksin yang aman dan satu vaksin bisa digunakan untuk 8 orang. Namun, jika anak sedang sakit dan mengganggu sistem kekebalan tubuh, maka imunisasi akan dilakukan dengan cara menyusul dengan melakukan kordinasi kepada guru terlebih dahulu,” jelasnya.

Tambahnya, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Campak diketahui dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk bahkan kematian.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi MR. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus,” paparnya. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.