Polisi Bongkar Home Industri Petasan di Tangerang

Tumpukan petasan sitaan di Mapolres Tangsel.

Palapanews.com- Aparat Polres Tangerang Selatan (Tangsel) membongkar home industri petasan di Kampung Cijantra, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Dari lokasi tersebut, petugas mengamankan 20 ribu petasan yang siap diedarkan.

Wakapolres Tangsel, Komisaris Bachtiar Alponso mengatakan pengungkapan tersebut dilakukan aparatnya pada 3 Juni lalu. Kata dia, home industri tersebut terendus setelah banyak laporan dari masyarakat.

“Petasan-petasan ini siap edar. Kita ungkap berdasarkan laporan warga dan kita sita sebanyak 20.000 petasan berbagai jenis. Sementara pelaku belum diamankan karena saat kita ungkap, pelaku sudah tidak ada di lokasi,” katanya menjelaskan saat gelar perkara di halaman Mapolres Tangsel, Serpong, Selasa (6/6/2017).

Dalam pengungkapan home industri petasan itu, menurutnya Polres Tangsel menerjunkan lima tim. Antara lain anggota Intel, Reskrim, Sabara, dan Bimas. Hingga saat ini, petugas masih mendalami kasus tersebut mengingat pelakunya juga belum berhasil ditangkap.

“Saat penangkapan, pelaku tidak ada ditempat. Polisi hanya nenemukan alat-alat pembuatan petasan dan bahan-bahannya. Pasal yang dilanggar oleh pelaku adalah 187 KUHP ayat 1, ancaman hukuman 8 tahun maksimal,” katanya menambahkan.

Wakapolres menambahkan, bisnis petasan ini memang booming setiap bulan suci Ramadan. Dari informasi yang dihimpun pun, pelaku home industri petasan ini hanya melakukan produksi jika ada pesanan menjelang bulan suci Ramadan.

“Hanya dibuat menjelang Ramadan. Sejauh ini kita hanya mengungkap dan barang buktinya ada, tapi kita belum bisa menyebut ini pelakunya siapa,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments